Lihat ke Halaman Asli

Rizki Novita

Mahasiswa

Tips Sukses Presentasi

Diperbarui: 16 Oktober 2023   08:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Presentasi sangat dibutuhkan oleh pebisnis guna menyampaikan pesan kepada klien, konsumen, maupun rekan kerjanya.Dengan presentasi yang baik maka audiens bisa menangkap maksud dari presentasi yang kita lakukan.Presentasi bisa dilakukan dengan teknik-teknik tertentu agar presentasi bisa berhasil dalam mencapai tujuan. Lalu apa saja tips yang bisa dilakuman agar presentasi berjalan sesuai yang diinginkan?

Berikut 15 tips yang bisa kalian lakukan untuk melakukan presentasi secara baik dan benar:

1. Membuat desain PPT yang menarik: usahakan memilih tema PPT sesuai dengan siapa audiens mu,gunakan tema yang simple namun elegan bila audiensmu adalah klien,rekan kerja,maupun masyarakat luas.

2. Teks ringkas dan sertakan gambar: Usahakan dalam satu slide tidak terlalu banyak berisi tulisan-tulisan,letakkan pokok-pokok pembahasannya saja.selain itu sertakan sedikit gambar agar tampilan slide mu tidak terlalu polos.

3. Lakukan Presentasi secara Urut: Smpaikan materi presentasi mu secara beruntut sehingga penyampaian pesan bisa mengalir.

4. Kuasai Materi: Pastikan Anda menguasai betul materi yang akan disampaikan,Pahami inti dari setiap poin pembahasan, selebihnya bisa lebih di kembangkan sendiri.

5. Perhatikan Penampilan: Penampilan presenter juga merupakan hal penting dalam presentasi. Selain untuk meningkatkan kepercaya diri, penampilan juga akan membuat audiens tertarik mendengar presentasi anda. Namun, penampilan harus tetap disesuaikan dengan materi serta siapa audiens nya. Jika presentasi bersifat formal, maka bisa mengenakan jas atau kemeja.

6. Cara Penyampaian: Perhatikan cara penyampaian materi mulai dari tata kelola bahasa yang digunakan, intonasi serta artikulasi yang jelas, santai, sopan, tidak terlalu cepat namun juga tidak terlalu lambat. Sesekali selipkan humor supaya audiens tidak merasa bosan dengan presentasi mu

7. Bersemangat: Semangat dari presenter akan sangat mempengaruhi semangat dari audiens.lakukan presentasi dengan semangat, tetapi jangan terlalu berlebihan.Selain semangat,mental juga harus dipersiapkan agar presentasi tetap berjalan dengan baik sekalipun ada gangguan ditengah presentasi

8. Kontak Mata; Jangan menunduk dan juga jangan terlalu lama menghadap ke layar. Kontak mata dengan audiens saat presentasi dapat menunjukkan kepercayaan diri serta penguasaan materi anda.

11. Komunikasi Dua Arah: Libatkan audiens didalam presentasi anda dengan memberikan kesempatan untuk bertanya maupun memberikan saran. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline