Lihat ke Halaman Asli

Rizki Novita

Mahasiswa

Mengenal Dasar-dasar Public Relations

Diperbarui: 15 Oktober 2023   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

Pengertian Public Relations

Apa sih kira-kira kesan pertama yang tertanam ketika mendengar kata "public relations",ya pastinya senada dengan arti dari kedua kata itu sendiri tidak heran jika kita mengartikannya sebagai cara-cara tentang bagaimana kita membangun hubungan yang baik dengan orang lain.Namun pada kenyataannya arti "public relations" itu sendiri menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Suatu metode komunikasi untuk penciptaan citra positif dari mitra institusi atas dasar kesadaran untuk menghormati kepentingan bersama. (Sukandel (1990) dan Ardianto (II004)).

2. Public relation adalah komunikasi persuasive yang dirancang untuk mempengaruhi public secara signifikan. (John E.Marston)

3. Public relation adalah proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya. (Crystallizing)

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa public relations merupakan suatu usaha guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyakaratnya.

Tujuan, Manfaat,Fungsi PR

Menurut Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan public relations adalah sebagai berikut:

1. Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.

2. Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline