Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan UMKM Keripik Tempe dan Kedelai Ibu Yuni oleh KKN Unisnu

Diperbarui: 10 Juli 2021   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri


    Jepara - Di masa pandemi Covid 19 membuat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus selalu berinovasi. Tujuannya produk yang dibuat tetap diterima pasar. Melalui kegiatan KKN, mahasiswa KKN Unisnu kelompok 19 melakukan pendampingan UMKM Keripik Tempe dan Kedelai Ibu Yuni yang berada di Desa Kauman Rt 3 Rw 1 Kecamatan Kauman Kabupaten Jepara. 

    Keripik Tempe dan Kedelai Ibu Yuni biasanya dijual dengan harga lima ribu rupiah dalam bentuk kemasan. Dan dipasarkan di sekitar Desa Kauman. 

    Karena dirasa masih terdapat kekurangan khususnya dalam kemasan dan pemasaran,  mahasiswa KKN Unisnu kelompok 19 memperkenalkan pengemasan dengan alat kontak listrik dimana membantu kemasan agar lebih rapat sehingga kualitas keripik dapat terjaga. Alat ini sebagai ganti dari staples yang kurang efektif sebagai alat penutup kemasan. Kemasan keripik yang awalnya belum memiliki merk, diberi label produk berupa stiker di kemasan luar agar produk dapat lebih dikenal. 

    Selain itu, mahasiswa KKN Unisnu kelompok 19 melakukan pendampingan bagaimana menjual produknya secara online. Karena selama ini produk  yang dihasilkan hanya dipasarkan dilingkungan sekitar saja. Harapan dari pendampingan tersebut untuk dapat meningkatkan pendapatan lewat pemasaran online. 

    "Pendampingan UMKM Keripik Tempe dan Kedelai Ibu Yuni ini selain bertujuan untuk membantu pelaku usaha agar tetap menjaga eksistensi usahanya di tengah pandemi covid 19 juga bertujuan agar mahasiswa KKN Unisnu kelompok 19 mendapat pengalaman yang nantinya dapat Implementasikan." Ujar Rizki Muhammad Triaji koordinator kelompok 19 KKN Unisnu. 

    " Senang sekali terlibat dengan adanya pendampingan ini saya dapat mengetahui banyak hal agar usaha saya dapat berkembang." Ujar Wahyuningsih pemilik usaha Keripik Tempe dan Kedelai Ibu Yuni. 

    Dr. H. Samsul Arifin. SE., M.M selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Unisnu kelompok 19 menuturkan "Dengan adanya pendampingan  yang dilakukan mahasiswa, harapannya dapat memberikan dampak positif terhadap berkembangnya usaha Keripik Tempe dan Kedelai Ibu Yuni."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline