Lihat ke Halaman Asli

Rizki Luthfi Aulia

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Belajar Seru Microsoft Office untuk Anak 12 Tahun Keatas melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Perumahan Semolowaru Indah RW 11 Surabaya

Diperbarui: 4 Juli 2024   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

KKN adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat, secara langsung mengidentifkasi dan menangani permasalahan masyarakat serta upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa. Salah satu lokasi yang dipilih oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sebagai tempat KKN adalah perumahan Semolowaru Indah RW 11 Kota Surabaya.

Di era digital saat ini, kemampuan menggunakan teknologi pemahaman tentang komputer dan penggunaan perangkat lunak seperti Microsoft Office sangat penting. Penggunaan Microsoft Office telah menjadi kebutuhan dasar dalam dunia pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk mulai mempelajari dan mengembangkan keterampilan komputer sejak dini.

Selain itu, Selomolowaru Indah RW 11 juga mempunyai ruang komputer yang terdapat di Balai RT 1. Namun, ruang komputer tersebut kurang efektif penggunaannya. Dengan adanya permasalahan tersebut, Sub kelompok 12 KKN Non Reguler 2 mengadakan program kegiatan KOMPUTER KIDS: BELAJAR SERU ILMU KOMPUTER MICROSOFT OFFICE UNTUK ANAK USIA 12 TAHUN KEATAS". Dengan sasaran peserta anak- anak warga RW 11 yang berumur 12 Tahun keatas.

dokpribadi

Melalui program kegiatan "KOMPUTER KIDS: BELAJAR SERU ILMU KOMPUTER MICROSOFT OFFICE UNTUK ANAK USIA 12 TAHUN KEATAS", Sub kelompok 12 KKN Non Reguler 2 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengenal dan belajar Microsoft Office dasar seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel dengan cara yang seru, dan menyenangkan. Dalam program ini, kami akan menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, seperti penyampaian materi yang edukatif, dan kuis kreatif berhadiah.

Dalam program kerja ini Sub kelompok 12 KKN Non Reguler 2 membuat kegiatan dengan 3 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuannya membahas topik yang berbeda, seperti pertemuan pertama membahas mengenai Microsoft Word, minggu kedua membahasa mengenai Power Point, minggu ketiga membahas mengenai Microsoft Excel.

dokpribadi

Target dari adanya kegiatan ini adalah : 1) Meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya menggunakan Microsoft Office. Dengan menguasai program-program seperti Word, Excel, dan PowerPoint, dapat menyelesaikan tugas-tugas lebih efisien dan dengan hasil yang lebih baik, 2) Meningkatkan keterampilan digital anak-anak melalui Microsoft Office, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan teknologi di masa depan dengan lebih percaya diri, 3) Persiapan untuk pekerjaan di masa depan karena saat ini pekerjaan membutuhkan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office. Mengenal dan menguasai program-program ini dapat membantu anak-anak dalam persiapan karier di masa depan.

Dengan adanya program ini, kami berharap anak-anak dapat mengembangkan keterampilan komputer mereka sejak dini, meningkatkan kreativitas mereka dalam menggunakan Microsoft Office, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia digital yang semakin berkembang. Selain itu, dengan mempelajari Microsoft Office, anak-anak juga akan mendapatkan keunggulan kompetitif di masa depan ketika mereka memasuki dunia pendidikan dan pekerjaan.

dokpribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline