Lihat ke Halaman Asli

Rizki Aria

.mahasiswa

Dangau Minoharti

Diperbarui: 6 Desember 2023   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

DANGAU MINAHORTI

Desa Wisata Lokal Warga Sambilegi

Minggu, 26 November 2023 / 18.48 WIB

Berlokasi di Kota Yogyakarta yang tepatnya berada di daerah Sambilegi Kidul RT 6 RW 56 Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta "DANGAU MINAHORTI" Merupakan sebuah tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat dengan memanfaatkan sebuah kolam ikan yang diubah sedemikian rupa menjadi sebuah kolam yang dikelilingi taman bunga yang asik dipakai untuk menongkrong pada pagi atau sore hari.

Tempat wisata lokal ini juga dibangun dengan bantuan pertamina yang ada di Padukuhan Sambilegi Kidul ini. Dangau Minahorti ini dibuat belum lama ini sekitaran awal tahun ini. Sebenarnya ini hanyalah sebuah kolam ikan bila yang dikelola oleh salah satu masyarakat di Sambilegi Kidul tersebut namun entah bagaimana ide pembuatan tempat wisata sederhana ini dibuat. Pada awal dibukanya wisata lokal ini amat sangat ramai pengujung yang berdatangan dari luar daerah Padukuhan Sambilegi ini, bahkan para pengunjung tersebut menggunakan bus untuk datang ke Dangau Minahorti ini untuk melakukan kunjungan wisata dan mungkin saja observasi karena menurut beberapa penduduk desa disana para pengujung merupakan suatu organisasi masyarakat seperti PKK ibu-ibu atau Dasawisma semacam itu. Karena wisata tersebut gratis tanpa pungutan biaya sedikitpun menjadikan recomended untuk bersantai apalagi disitu juga ada angkringan kecil yang didirikan oleh ibu-ibu RT disana sebagai pemasukan desa. Dan yang menarik lagi adalah ikan bila yang dibudidayakan di Dangau Minahorti ini diperjual belikan kepada masyarakat dengan harga yang cukup rendah dari harga pasaran nya sehingga waktu itu ibu-ibu cukup banyak yang membeli ikan tersebut.

Namun sangat disayang Dangau Minahorti sekarang kering dan sudah tidak dimanfaatkan lagi padahal menurut saya tempatnya bagus dan nyaman apalagi kalau sore hari sambil memberi makan ikan disana sambil bergalau ria tak lupa bersiaplah foto tentunya. Harapannya semoga Dangau Minahorti kembali dihidupkan dengan membudidayakan ikan nila seperti dulu agar suasananya kembali karena yang terlihat kini hampa dan kosong seperti ada yang kurang dari Dangau Minahorti ini.

Penulis: Rizki Aria Laksa

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (2022015135) 

kontak person:

rizkiaria663@gmail.com

_rizkiaria (instagram) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline