Lihat ke Halaman Asli

Rizkiansyah Eko Nurcahyo

Universitas Islam Indonesia

Jadilah Versi Terbaik Dirimu!

Diperbarui: 14 November 2023   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Tentu dalam kehidupan ini kita sebagai setiap individu memiliki keinginan dan tujuan untuk menjadi lebih baik bukan setiap harinya? Hal ini sangat manusiawi karena pada dasarnya kita sebagai manusia adalah makhluk yang terus berkembang dan ingin menempatkan diri kita menjadi versi terbaik kita. Menjadi versi terbaik dari diri sendiri ini berarti kita harus mempersiapkan lebih baik dalam segala aspek yaitu baik dari segi mental, fisik dan spiritual.

Menjadi versi terbaik untuk diri kita butuhlah usaha dan kerja keras untuk mencapai hal tersebut. dibutuhkan niat dan konsisten terus-menerus dan pantang menyerah. Dengan memiliki prinsip tersebut maka kita tercapai hal yang dapat kita wujudkan.

Yang pasti dari hal pertama kita harus mengenali diri kita sendiri. Kenapa? karena dengan kita mengenali diri sendiri kita mengetahui apa kemampuan kita dan kekurangan kita sendiri, apa yang membuat kamu bahagia, dan mengetahui apa yang membuat kamu tidak merasa nyaman, oleh sebab itu dengan kita mengenal diri kita sendiri. 

Tentunya kita akan lebih mudah untuk menentukan tujuan hidup dan tetapkan tujuan hidup? karena setelah mengenal diri sendiri, langkah selanjutnya yaitu menetapkan tujuan. Karena dengan tujuan hidup tersebut akan memotivasi kita untuk terus berusaha dan berkembang dan tujuan hidup manusia itu macam-macam motivasinya bisa karena keinginan untuk sukses, bahagia ataupun karena pekerjaan itu sendiri. Dan kita wajib untuk terus belajar dari apa yang sudah kita lalui, baik dari siapa saja orang itu, belajar terus untuk menjadi lebih baik pribadi yang berkualitas dan siap untuk menghadapi kedepannya. Jangan lupa untuk tetap berpikir positif karena dengan berpikir positif akan membuat kita lebih optimis dan semangat untuk menghadapi tantangan hidup. 

Ketika kita berpikir positif akan mudah melihat sisi dari perspektif baik dari setiap hal, sehingga akan lebih bahagia dan merasa tenang, misalnya dikelilingi oleh orang-orang positif karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan diri kita. 

Oleh karena itu berinteraksilah dengan orang-orang yang bisa memberikan motivasi dan dukungan positif bagimu dan jangan takut gagal untuk dalam prosesnya, gunakan kegagalan tersebut sebagai motivasi untuk bangkit dan lebih baik karena menjadi versi terbaik dari diri sendiri merupakan proses yang terus berlanjut dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya. 

Mulailah dari hari ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline