Lihat ke Halaman Asli

Rizki Akbar Abadi

Mahasiswa - Perpustakaan Universitas Airlangga

Tokopedia Mulai Kenakan Biaya Jasa Aplikasi

Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce asli milik anak bangsa, penggunanya cukup banyak dan bahkan mampu menyaingi e-commerce lain. namun belakangan ini beberapa forum disosial media mulai digemparkan dengan adanya tarif jasa aplikasi, tarif tersebut hanya sebesar seribu rupiah dan berlaku mulai dari 1 Agustus kemarin, namun tak sedikit yang mengeluhkan mengapa perlu adanya biaya jasa aplikasi tersebut.

Menurut Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menuturkan bahwa Tokopedia terus berupaya meningkatkan kualitas pengalaman pengguna, salah satu caranya adalah dengan mengenakan biaya jasa aplikasi ini.

"Sebesar Rp1.000 per 1 Agustus 2022 untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs maupun aplikasi Tokopedia," Tutur Ekhel, Rabu 3 Agustus 2022.

Namun tidak seluruh transaksi akan dikenakan biaya jasa aplikasi ini, seperti transaksi produk keuangan, produk digital, TopAds, zakat dan donasi. namun perlu digaris bawahi tidak termasuk pada transaksi pembulatan.

Sebelumnya, mengenai biaya jasa aplikasi juga sempat ramai dibicarakan ketika Gojek memberlakukannya di pertengahan 2021 kemarin, begitu pula di platfrom lain. namun hingga kini banyak masyarakat mulai terbiasa dengan adanya biaya jasa aplikasi tersebut.

Sources Images : Tokopedia.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline