Lihat ke Halaman Asli

Rizkia Ananda

Seorang pelajar

Mari Mengenal Manajemen Konsultasi pada BK

Diperbarui: 5 April 2019   12:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu manajemen? Apa itu konsultasi? Apa itu manajemen dalam BK?Bagaimana pendapat kompasianer mengenai pengertian keduanya?Langsung saja kita menuju ke pembahasannya.

Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari kata "to manage" dalam bahasa Inggris yang artinya mengurusi atau kemampuan menjalankan dan mengontrol. Manajemen dapat diartikan sebagai seni mengatur, merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengawasi. 

Manajemen ini berguna untuk membantu dalam melaksanakan  tugas dan tanggungjawab secara teratur, efektif, dan efisien. Seperti contoh dalam sebuah perusahaan tentu ada yang bertugas mengawasi karyawannya dalam melakukan pekerjaan atau dalam sebuah proyek ada seorang mandor yang bertugas mengecek kinerja bawahannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata konsultasi diartikan sebagai pertukaran pikiran untuk mendapatkan kesimpulan (berupa nasihat, saran, dan sebagainya) yang sebaik-baiknya. Dari arti kata ini dapat dipahami bahwa konsultasi berkaitan dengan kegiatan pemberian nasihat atau saran yang diberikan oleh pihak yang berkompeten kepada orang yang membutuhkannya. 

Disini ada tiga pihak yang terlibat dalam proses konsultasi, yaitu klien/pihak yang memiliki masalah, konsultan/orang yang memberi bantuan penyelesaian masalah pada klien, dan orang yang meminta bantuan konsultasi.

Sedangkan pengertian manajemen bimbingan dan konseling adalah upaya-upaya pertolongan yang diberikan oleh pembimbing atau konselor kepada individu melalui tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, yang diusahakan agar efektivitas, efisiensi dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Prinsip-Prinsip Manajemen BK

Dalam melakukan manajemen bimbingan dan konseling ada prinsip-prinsip yang diterapkan, mulai dari perencaanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), dan pengawasan (controlling).

Perencaanaan (planning), adalah kegiatan perencanaan BK secara matang dan sistematis mulai dari menetapkan tujuan organisasi, menentukan strategi, program-program, metode, hingga standar prosedurnya.

Pengorganisasian (organizing), adalah proses yang berkenaan dengan pelaksanaan bimbingan tersebut dikelola dan diorganisir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline