Lihat ke Halaman Asli

Menciptakan Suasana Menyenangkan bagi Siswa dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan)

Diperbarui: 24 Juli 2021   14:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Munculnya wabah penyakit menular berupa virus corona yang menyerang sistem pernapasan membuat semua negara untuk mengantisipasi agar tidak terus menyerang negaranya. Karena dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai efek bagi orang yang terinfeksi seperti sesak nafas, hilangnya indera penciuman serta dapat berbahaya bagi orang yang memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan bagi lansia.

Dampak dari pandemi ini berimbas pada penerapan kebijakan pemerintah yang diberlakukan seperti penerapan social distancing. Dengan adanya penerapan pembatasan sosial membuat berbagai aktivitas dialihkan menjadi online, seperti pemberlakukan work from home pada beberapa pekerjaan, pembelajaran yang dilakukan secara daring, serta bidang lainnya yang harus disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan.

Pada bidang pendidikan, penyesuaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan diantaranya pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan berbagai media seperti google meet, video call dan grup Whatsapp. Namun dalam pelaksanaannya, masih banyak guru (pengajar) yang mengalami kesulitan dalam mengajar yang salah satu faktornya karena siswa yang cepat jenuh. Tentunya dengan kejenuhan yang dirasakan membuat materi yang disampaikan kurang terserap dengan baik oleh siswa.

Oleh karena itu, perlu adanya penyesuaian pelaksanaan pembelajaran yang menarik agar siswa dapat senang dalam belajar daring. Adapun beberapa cara pembelajaran daring yang menyenangkan yang dapat dilaksanakan guru pada belajar daring sebagai berikut:

  • Menyajikan video menarik yang kita buat sendiri mengenai materi yang akan disampaikan berupa diri kita yang sedang menerangkan dengan ditambahkan animasi sehingga siswa dapat merasakan pembelajaran yang dapat dipahami.
  • Memberikan bahan ajar dengan cara menonton tayangan yang sesuai dengan materi pembelajaran, bisa melalui YouTube dengan mengirim link video yang akan disajikan.
  • Menyisipkan games yang menarik disela waktu mengajar, baik itu berupa tebak-tebakan ataupun quiz seputar materi dengan memakai sistem poin bagi siswa yang dapat menjawab dengan benar.

Maka dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring, guru perlu memiliki keterampilan lebih dari yang sudah dimiliki terutama dalam hal teknologi sehingga jika dipadukan dengan daya kreativitas akan muncul suatu ide baru dalam pembelajaran. Dengan begitu, siswa tidak hanya dapat materi yang telah ada di dalam buku saja tapi juga bisa memahami dan menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu, dengan  dilaksanakannya proses pembelajaran yang menyenangkan dapat meminimalisir rasa jenuh yang dirasakan akibat pembelajaran daring yang kurang optimal.

Editor  : Rizki Firmansyah

DPL    : Istikhoroh Nurzaman, M.Pd




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline