Lihat ke Halaman Asli

Rizki Muhammad

Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Keren! Mahasiswa KKN Undip Mengajarkan Pembuatan Desinfektan kepada Masyarakat!!

Diperbarui: 10 Agustus 2021   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kudus (2/8) - Dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 ditengah pandemi saat ini, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Periode 2020/2021 memberikan edukasi cara pembuatan desinfektan secara sendiri. Salah satu cara untuk mencegah penularan dan penyebarannya adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan dari diri dan lingkungan. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat dilakukan dengan cara menggunakan antiseptic dan desinfektan. 

Tidak jarang juga masyarakat masih menganggap bahwa penggunaan desinfektan terbilang mahal, maka dari itu penyemprotan desinfektan secara mandiri masih jarang dilakukan, kenyataannya dapat membuat cairan desinfektan secara mandiri dengan biaya yang cukup murah tetapi tetap mendapatkan manfaat yang sama. Salah satu cara membuat desinfektan sesuai dengan ketentuan standar WHO ternyata mudah dan dapat menggunakan bahan yang biasa digunakan ibu-ibu untuk menghilangkan noda pada pakaian yaitu cairan pemutih.

Pembuatan desinfektan secara mandiri tentunya akan menghemat pengeluaran rumah tangga dan meningkatkan penjagaan anggota keluarga terhadap virus dan bakteri yang mungkin menempel pada permukaan benda. Maka dari itu Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Desa Kaliputu berusaha membantu warga Desa Kaliputu dengan mengadakan sosialisasi serta pengedukasian tentang cara membuat desinfektan secara mandiri dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan dan sering digunakan oleh rumah tangga dengan harga yang cukup murah.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga dapat menjaga kesterilan benda-benda di sekitar kapanpun dan dimanapun dengan mudah dan lebih ekonomis.

Mahasiswa KKN : Rizki Muhammad

Dosen Pembimbing : Dr. Rr. Karlina Aprilia SE., MSc., Akt




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline