Lihat ke Halaman Asli

Rizki Indah Damaiyanti

Mahasiswa Aktif S1 Pendidikan Anak Usia Dini

Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini RA Barokah at-Tahdzib

Diperbarui: 21 Desember 2021   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam reportase ini saya akan membahas tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran anak usia dini.

Menurut Suchman dalam buku “ Teknik Evaluasi Pembelajaran AUD ” (2018), memandan evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai dari beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.

Evaluasi pembelajaran sendiri merupakan suatu proses untuk menentukan nilau atau capaian dalam kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian atau pengukuran.

Tujuan dari evaluasi pembelajaran menurut Rujakat (2018), yaitu untuk menilai ketercapaian tujuan, mengukur aspek-aspek evaluasi, sarana untuk mengetahui potensi peserta didik, motivasi belajar bagi peserta didik, menyediakan informasi untuk bimbingan dan konseling dan menjadi dasar perubahan kurikulum.

Menurut Sudijono (2001), bentuk atau tekni evaluasi ada dua yaitu tes dan non tes. Di dalam teknik non tes terdapat beberapa jenis seperti observasi, questionnaire, dokumentasi, sosiometri dan lain sebagainya. Begitu juga tes ada beberapa jenis salah satunya pemberian tugas seperti quiz dan lain-lain.

Disini saya melakukan wawancara kepada salah satu guru RA Barokah at-Tahdzib yaitu Ustadzah Anis. Tujuan reportase ini khususnya untuk memenuhi tugas mata kuliah evaluasa anak usia dini, umumnya untuk mengetahui jenis evaluasi apa yang digunakan pada sekolah tersebut.

RA Barokah at-Tahdzib ini menggunakan teknik evaluasi tes maupun non tes dalam pelaksanaan evaluasi pembelajarannya. Dan jenis yang digunakan yaitu pemberian tugas, observasi, portofolio dan kunjungan rumah.

Pemberian tugas dilaksanakan di dalam kelas seperti pemberian soal-soal dan quiz kepada peserta didik. Observasi dilakukan ketika peserta didik melakukan kegiatan individu maupun kelompok. Guru mengamati setiap perkembangan anak mulai dari sosial emosional, kognitif, bahasa dan fisik motorik pada anak.

Di sekolah tersebut memiliki dua jenis rapor yaitu rapor khas barokah yang mencakup nilai agama seperti menghafal surah Al-quran dan baca tulis Al-quran. Dan rapor kurikulum pada umumnya yang mencakup 6 aspek perkembangan anak usia dini.

Selain itu ada program buku penghubung dan buku prestasi yang bertujuan untuk memberitahukan perkembangan anak setiap hari kepada orang tua. Buku penghubung berisi sikap dan perilaku anak selama disekolah, sedangkan buku prestasi berisikan tentang sejauh mana progress anak setiap hari dalam bidang keagamaan seperti menghafal surah Al-quran dan lain sebagainya.

Dalam satu bulan sekali sekolah tersebut melakukan kunjungan di rumah peserta didik untuk mengetahui perkembangan peserta didik di rumah dan sebagai konsultasi antara orang tua dengan guru mengenai perkembangan anak. Setiap pulang sekolah, orang tua selalu mendapat laporan perkembangan dari guru kelas terhadap perkembangan anaknya di dalam kelas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline