Lihat ke Halaman Asli

Rizki Kurniawan

Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta

KKN Muhammadiyah Aisyiyah 2023 di Desa Perlang Bangka Tengah Banyak Membawa Dampak Positif bagi Warga Sekitar

Diperbarui: 21 September 2023   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Peserta KKN MAs bersama Kepala Desa Perlang dan Bupati Bangka Tengah (Dokpri)

Kuliah Kerja Nyata yang di selenggarakan oleh 47 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah yang bertempatan di Bangaka Belitung tahun 2023 ini banyak membawa kesan positif bagi sejumlah desa di Bangka Belitung. Terutama Desa Perlang  Bangka Tengah yang sering disebut juga sebagai Desa Wisata dan pernah mendapatkan apresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno.

Di hari pertama kedatangan peserta KKN MAs disambut hangat oleh Kades Perlang dan langsung ditugaskan untuk membantu pelaksanaan acara peletakan batu pertama pondok pesantren Al Kautsar. Dalam acara tersebut selain di hadiri oleh Bupati Bangka Tengah juga dihadiri beberapa pejabat penting seperti dari kepolisian, dan sebagainya.

Selain acara tersebut, peserta KKN MAs Desa Perlang juga pernah diminta Kades untuk membantu pelaksanaan voging di dusun nadi karena mendapatkan laporan bahwa salah satu warganya tekena demam berdarah. Melalui acara tersebut peserta KKN MAs dapat dengan mudah bersosialiasi dan berbaur bersama masyarakat desa. 

Sedangkan dalam upacara kemerdekaan 17 Agustus, peserta KKN sangat antusias mengikuti upacara di SDN 6 Lubuk Besar, selain itu juga selalu siap diminta bantuan untuk mengiringi dan ikut memeriahkan karnaval yang diadakan di tingkat Kabupaten dan Kecamatan bersama anak SDN 6 Lubuk Besar dan Ibu Pkk.

Peserta KKN MAs Desa Perlang juga ditunjuk dan diminta menjadi panitia untuk mensukseskan acara panitia bersama hijau biru babelku untuk proses penanaman 600 bibit tumbuhan, berbekal izin dari kepala desa dan dengan bantuan ketua serta anggota pokdarwis acara tersebut berhasil dan sukses dilaksanakan di danau Padding.

Beberapa acara lain yang berhasil terlaksana di danau Pading yang menjadi icon desa wisata Perlang yaitu bazar umkm yang mengangkat makanan khas desa Perlang yaitu bubur ucir, serta acara nonton bersama film sang pencerah. Untuk acara-acara lainnya yang berhasil dilaksanakan yang berkaitan dengan SDN 6 Lubuk Besar yaitu pelatihan seni beladiri tapak suci, pembuatan ecoprint, pelatihan bahasa ingrish, pelatihan literasi dan numerisasi.

Terahir sebagai program kerja penutup dan sebagai peninggalan acara KKN MAs ini, berhasil dibuatnya taman mini olahraga yang ditempatkan di danau pading, yang nantinya akan bersandingan dengan area joging track yang akan dibuat mengelilingi danau, selain menjadi area wisata area tersebut juga akan bisa digunakan sebagai tempat berolahraga dengan nyaman sambil menikmati pemandangan danau berserta bukit pading dibelakangnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline