Lihat ke Halaman Asli

Rizki AisyatulAufa

Pelajsr/Mahasiswa

PKKMB dan LKMMTD

Diperbarui: 10 September 2022   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya atau yang sering disebut stikosa aws menyambut mahasiswa baru dengan agenda  PKKMB dan LKMMTD. Sekolah tinggi komunikasi pertama di indonesia timur yang terletak dekat dengan sungai jagir dan menghadap jalan raya ini memilih atribut yang kreatif unik seperti topi petani atau topi caping, rambut yang berkepang dua dan id card yang membentuk logo Stikosa AWS dengan dilengkapi tali rafia berwarna hitam.

Agenda PKKMB dan LKMMTD tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 09 sampai dengan 11 september 2022 yakni pada hari jum'at sampai dengan hari minggu, PKKMB dan LKMMTD ini mengangkat tema "ekspresi peka dan tanggap isu sosial di era digital. PKKMB dan LKMMMTD di Stikosa AWS juga menghadirkan para narasumber terpecaya dan berkompeten.

Mahasiswa baru Stikosa AWS dari progam studi S1 digital jurnalistik dan broadcasting hingga S1 digital public relations mengikuti agenda PKKMB dan LKMMTD, dalam kegiatan ini mahasiswa baru tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang kampus saja akan tetapi juga tentang pengembangan diri, kedisiplinan, serta memperluas jiwa sosialisasi mereka. Selain itu mahasiswa baru stikosa juga mendapatkan materi tentang anti narkoba, materi anti pelecehan seksual dan materi anticybercrime yang disampaikan oleh narasumber-narasumber terpercaya dan kompeten.

Dari beberapa materi yang disampaikan banyak sekali hal baru yang mereka pelajari seperti cara mengatasi penyalahgunaan narkotika, grafik  pelecehan seksual, grafik kekerasan dalam rumah tangga, grafik kekerasan pada anak, hingga menggunakan media sosial dengan bijak dan stop hoax.

Setelah itu mahasiswa di perkerkanalkan kepada organisasi kemahasiswaan atau yang disebut ormawa. Ormawa merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas kemahasiswaanya. Dikampus Stikosa AWS ini terdapat tujuh ormawa yang terdiri dari PRAPALA (Prapanca Pecinta Alam),ACTA SURYA, AWS TV, HIMARFI (Himpunan Mahasiswa Penggemar Fotografi), TEATER LINGKAR, SURABAYA MUDA DAN KOPI PRODUCTION (Kumpulan Orang Penggemar Indie Film). Di saat mahasiswa baru mengunjungi basecamp - basecamp ormawa untuk mengetahui informasi terkait ormawa - ormawa dikampus stikosa terdapat jargon atau  yel - yel yang  kreatif, unik dan bermakna dari setiap ormawa - ormawa. seperti teater lingkar "Sayang Tak Ada Kata - Kata Bila Bisu Jiwa Senimu" lalu parapala "Dengan Kekeluargaan dan Pengabdian Kami Datang.

Mengikuti PKKMB dan LKMMTD ini diwajibkan untuk mahasiswa baru dikarenakan PKKMB dan LKMMTD menjadi beberapa syarat kelulusan bagi mahasiswa yang akan menyandang gelar sarjana Ilmu Komunikasi.

Dan sebelum PKKMB dan LKMMTD para mahasiswa baru di arahkan untuk mengikuti Technical Meeting yang dimana di acara tersebut para mahasiswa baru di beri arahan tata tertib ketentuan dan tugas.

untuk tata tertib adalah mahasiswa wajib mengikuti atau mematuhi aturan, mahasiswa wajib hadir tepat waktu 15 menit sebelum acara dimulai , mahasiswa wajib mengikuti presensi yang sudah disediakan,mahasiswa wajib menerapkan lima(5) s, mahasiswa dilarang keluar area kampus peseta wajib memanggil kak pada panitia selama acara berlangsung, membawa alat tulis, membawa bekal, tanpa kertas minyak, stereforam khusus hari jum'an dan minggu dan lain sebagainya.

untuk ketentuan adalah seperti pakaian aksesoris pakaian, tatanan rambut bagi mahasiswa yang tidak memakai hijab, bersikap sopan dan santun, ketentuan ukuran dan betuk id card, dan lain sebagainya.

untuk tugas adalah mengupload twibbon dan membuat video perkenalan dan ada batas akhir peng-upload an




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline