Akuntansi sangat diperlukan di tataran perekonomian, oleh karena itu maka sangat perlu mempelajari akuntansi sehingga bisnis yang anda jalankan pun terstruktur dan terarah lebih baik. Tentu dengan menguasai akuntansi dasar, anda sudah bisa menyusun laporan keuangan dengan baik. Karena kunci untuk menyusun laporan keuangan ialah dengan memahami dasar-dasar akuntansi.
Apa itu akuntansi?
Akuntansi adalah ilmu mencatat, menganalisa, dan mengkomunikasikan transaksi atau kejadian ekonomi suatu entitas bisnis, yang bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi berbagai pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan kebijakan ekonomi.
Artinya bahwasanya ketika memulai transaksi bisnis, maka anda harus mencatat baik pemasukan dan pengeluaran anda, berupa transaksi tunai maupun non tunai ataupun secara kredit. Karena apa, dengan mencatat dan melakukan pembukuan, bisnis anda akan termanajamen dengan baik.
Banyak sekali fenomena bagi pelaku UMKM pemula tidak membuat business planning (perencanaan bisnis) terutama tidak melakukan pencatatan ataupun pembukuan. Sehingga biaya-biaya yang dikeluarkan pun tidak tahu berapa, ditambah lagi profit bersih pun tidak tau berapa yang didapatkan dalam transaksi bisnis.
Bahkan yang parah ya lagi itu, mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis, sehingga membuat kegiatan bisnis yang dijalankan pun kurang terakomodir dengan baik. Dengan kata lain, dapat mengakibatkan kerugian dan perlahan tapi pasti bisnis yang anda jalankan bisa bangkrut.
Maka dari itu sangat penting kita mempelajari akuntansi guna bisnis yang kita jalankan termanajemen dengan baik. Kemudian bahwa akuntansi juga mempunya suatu tujuan yang akan dicapai, yaitu menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan. Sebagai suatu sistem informasi keuangan, jelas bahwasanya informasi yang diproses dan dilaporkan adalah yang bersifat keuangan. Dengan demikian laporan keuangan yang dibuat terkhusus oleh UMKM harus mengacu pada SAK-EMKM. Nah, apa-apa saja komponen laporan keuangan yang perlu dibuat oleh pelaku UMKM berdasarkan SAK-EMKM? Komponen laporan keuangan UMKM yaitu minimal menyajikan laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan catatan atas laporan keuangan.
Untuk dari itu, anda perlu membuat perancanaan bisnis terutama dalam melakukan pembukuan akuntansi guna bisnis anda akan terakomodir dengan baik.
Pembahasan berikutnya akan kami tuliskan pada Pengantar Akuntan Dan Bisnis Bagian 2
Daftar Pustaka:
Kartikahadi, Hans. dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.