Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Program 6M untuk Pencegahan Covid-19 di Masa Pandemi

Diperbarui: 28 Agustus 2021   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa ini membikin poster mengenai edukasi pencegahan Covid-19 dengan menyebar poster 6M di beberapa tempat di Perum Korpri Gayamsari 01/13 Gayam Kabupaten Sukoharjo.

Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo ini dilakukan secara mandiri. Bertujuan sebagai upaya mengedukasi kepada masyarakat setempat mengenai pencegahan terhadap Covid-19 melalui program 6M yang dianjurkan oleh pemerintah.

Rizki Narviana Sari sebagai mahasiswa KKN mengatakan bahwa kegiatan penyebaran poster 6M ini merupakan salah satu program kerja Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kepada masyarakat agar menerapkan 6M dimanapun berada.

"pemasangan poster 6M ini di beberapa wilayah dapat memberikan informasi kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19," katanya.

Dia menjelaskan jika menerapkan program 6M, kita akan menaati aturan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari Pemerintah sehingga kita semua dapat memutus rantai pnyebaran virus Covid-19.

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Iik Sartika, SKM., M.KES itu Sari mengungkapkan, poster edukasi penerapan 6M ini selain dipasang di rumah warga, juga dipasang di tempat-tempat umum seperti masjid, pos ronda, tempat makan.

"Dengan cara seperti itu informasi yang kita sebar dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat. Poster yang saya sebar tersebut menginformasikan dan mengajak masyarakat untuk menerapkan program 6M," katanya.

Poster tersebut berisi tentang penggunaan masker di tempat-tempat umum, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, mengurangi mobilitas, menjaga pola makan sehat dan istirahat yang cukup, dan menjauhi kerumunan. Ini adalah cara terbaik dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Dia juga memaparkan dibukanya sektor perekonomian oleh pemerintah membuat pekerja diharuskan masuk kerja sehingga resiko untuk terjadi penularan virus Covid-19 sangat tinggi. Oleh sebab itu, mahasiswa memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai pencegahan virus Covid-19 melalui media poster.

Dari kegiatan tersebut diharapkan warga lebih paham untuk mengubah perilaku kebiasaan sehari-hari dengan menaati protokol kesehatan dengan baik sehingga dapat mencegah penyebaran penularan virus di masa pandemi Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline