Lihat ke Halaman Asli

Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 6 Mei 2020   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Bismillahirrahmanirrahim


Artikel saya kali ini akan membahas Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Tokoh-tokoh pemikirannya.

Progresivisme berasal dari kata "progres" yang artinya kemajuan. Secara istilah yaitu suatu aliran yang menginginkan kemajuan atau perkembangan secara baik dan cepat.

Didalam pendidikan progresivisme menekankan pada penyelenggaraan Pendidikan di sekolah yaitu dengan diadakannya kegiatan-kegiatan yang melatih peserta didik untuk berfikir secara luas dan teratur. Aliran ini dapat menggunakan metode seperti percobaan pengamatan yang pernah dilakukan(pengalaman), analisis dan kesimpulan terkait dengan apa yang mereka sedang hadapi. Dengan begitu peserta didik dapat berkembang secara pesat dan dapat melatih dalam mengambil keputusan baik untuk diri sendiri maupun orang lain serta dapat menempatkan dirinya secara baik di lingkungannya.

Tujuan aliran ini dalam pendidikan yaitu untuk mengembangkan serta memajukan pemikiran peserta didik agar menjadi lebih baik kedepannya.
 
Tokoh-tokoh dalam aliran Progresivisme, seperti :

George Axtelle, William O, Stanley, Ernest Bayley, Lawrence B. Thomas dan Frederick C. Neff .

Pemikiran dari tokoh-tokoh diatas dapat disimpulkan bahwa lingkungan yang ada, baik yang mengenai manusia maupun yang lain,itu tidak bersifat sama atau statis akan tetapi selalu mengalami perubahan-perubahan. Yaitu  perubahan-perubahan yang disebabkan oleh kemampuan manusia dalam mempelajari banyak hal dan juga memikirkan serta mengantisipasi hal-hal yang akan datang.  

Adapun tokoh lainnya :
- John Dewey (185- 1952)
Ia berpendapat bahwa sekolah lebih menekankan pada minat peserta didik dari pada menekankan pada mata pelajaran yang ada di sekolah.
- Hans Vaihinger (1852-1953)
Ia berpendapat bahwa kata "tahu" hanya bersifat praktis karena salah satu upaya dalam berfikir yaitu dengan memberikannya pengaruh-pengaruh atau perubahan di dunia.
- William Jeams(1842-1910)
Ia berkeyakinan bahwa fungsi otak dipelajari sebagai  objek pertama dalam mempelajari dari ilmu pengetahuan alam, Ia juga menolong membebaskan ilmu jiwa dari gagasan teologis dengan menaruh diatas dasar ilmu perilaku.


Semoga bermanfaat......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline