Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Minuman Es susu dari Bunga Telang: Perpaduan Rasa yang Unik dan Menyehatkan

Diperbarui: 27 Agustus 2024   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bunga dihalamn sman 1 jombang (dokpri)

Clitoria ternatea atau biasa disebut dengan bunga telang diduga berasal dari pulau Ternate, Indonesia, berdasarkan nama spesifiknya "ternatea". Namun, asal geografis yang tepat dari tanaman ini sulit ditentukan. Bunga telang mungkin berasal dari Amerika Selatan bagian tengah dan menyebar ke daerah tropik sejak abad 19, terutama ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pada abad 17, Jacob Breyne, seorang naturalis Polandia, terpesona pada tanaman merambat berbunga ungu ini saat pelayaran ke Pulau Ternate. Dia menggambarkannya sebagai Flos clitoridis ternatensibus, yang berarti "Bunga klitoris Ternate". Nama spesiesnya diambil dari nama pulau asal spesimen Linnaeus tersebut.

Bunga telang termasuk famili Fabaceae (polong-polongan) dan biasa terdapat di tempat pekarangan atau tepi hutan. Bunga ini memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea dan terdiri atas tiga warna, yaitu biru, putih, dan ungu.

Bunga telang memiliki makna yang beragam dalam berbagai budaya. Di beberapa tempat, bunga ini dianggap sebagai simbol cinta dan kecantikan. Di Thailand, bunga telang dianggap sebagai lambang persahabatan.

Selain itu, dalam pengobatan tradisional, tanaman ini digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Tetapi ada juga yang digunakan untuk olahan bahan pangan dan olahan minuman salah satunya adalah Es susu Bunga Telang,Es susu bunga telang ini memiliki rasa yang khas dimana adanya ekstrak sari dari bunga telang dicampur dengan susu murni yang membuat minuman tersebut segar dan menyehatkan dimna dalam susu murni mengandung protein, kalsium, vitamin D, vitamin B, vitamin K, dan asam lemak omega-3. Susu murni juga mengandung lemak, karbohidrat, dan kolesterol sedangkan dari bunga telang sendiri mengandung ternatin, vitamin C, vitamin B1 dan B2, serta berbagai kandungan antioksidan (flavonoid, delphinidin, kaempferol, dan p-Coumaric acid).

Yang membuat Inovasi ini menarik perhatian para ibu -- ibu bahkan remaja yang menginginkan pengalaman kuliner yang sangat menyehatkan,disaat ini minuman Es susu telang menjadikan pilihan terbaik diera modern bahkan media sosial karena penampilannya yanh indah dan juga kandungannya yang menyehatkan.

Diberbagai belahan dunia bunga telang ini dibuat untuk makanan bahkan minuman penutup,karena keindahan warnanya yang dapat memimikat para konsumen,bunga telang mengandung kaya akan manfaat berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam bunga telang :

Kesehatan

Bunga telang mengandung polifenol, antioksidan, dan kolagen, yang dapat membantu dengan:

1.Menurunkan kolesterol

2.Meringankan gejala depresi, diabetes, dan asma

3.Mengurangi peradangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline