Lihat ke Halaman Asli

Rizka Nuwayyar

mahasiswa pendidikan sejarah

Gerakan Ganyang Malaysia

Diperbarui: 2 Juli 2023   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Operasi ganyang malaysia awalnya karena ada rencana mengenai penyatuan beberapa negara bekas jajahan menjadi satu negara yaitu federasi malaysia. Negara yang bergabung yaitu malaya, brunei, sabah, serawak, dan lain-lain.

Konflik ini terjadi karena Indonesia menentang adanya pembentukan federasi malaysia. Alasannya, karena Indonesia menganggap bahwa negara ini didirikan untuk melindungi kepentingan Inggris di Asia Tenggara.

Ketidak sepakatan pemerintah Indonesia mengenai pembentukan Federasi Malaysia karena Indonesia menganggap bahwa negara serumpun itu merupakan proyek neo kolonialisme dan neo imperialisme dari Inggris yang akan mengepung Indonesia

Pemerintah Indonesia berspekulasi bahwa pembentukan federasi malaysia bertentangan dengan politik Indonesia yang anti kolonialisme dan anti imperialisme dengan berbagai macam bentuknya, pembentukan federasi malaysia tidak melalui prosedur dalam hal keterangan-keterangan daerah-daerah koloni dan daerah tak berpemerihtahan.

Soekarno marah karena hal itu mengutuk tindakan demonstrasi anti-indonesia yang menginjak-injak lambang negara indonesia dan ingin melakukan balas dendam dengan melancangkan gerakan yang terkenal dengan nama ganyang malaysia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline