Lihat ke Halaman Asli

Rizka Anlina

Kompasianer

Antusias Penyemprotan Disinfektan ke Rumah-Rumah Warga

Diperbarui: 31 Januari 2021   03:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyemprotan disinfektan oleh pemuda ORKAP bersama dengan pengurus RT dan RW setempat untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19--dokpri

Kendal-Wilayah Kecamatan Ngampel terutama di desa Pakis Raya, Kabupaten Kendal pagi hari, Kamis (2/4/2020) pukul 08:00 WIB, mulai melakukan upaya sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan ke rumah-rumah warga. Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang belum kunjung reda membuat masyarakat semakin waspada. Masyarakat pun melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan virus asal Tiongkok tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan disinfektan di rumah. 

Terutama penyemprotan pada benda-benda yang sering disentuh antara lain: gagang pintu, meja, bagian keras kursi, rak di dapur, rak di kamar mandi, wastafel dan kerannya, dudukan dan alat siram toilet, saklar lampu, remote televisi, alat game, dan keyboard dan mouse komputer.

Pasukan para pemuda ORKAP untuk lingkungan yang bersih dan sehat. Dilakukan secara serentak tidak lupa memakai masker sebagai pelindung diri.--dokpri

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah makin meluasnya penyebaran virus corona. Sebanyak 5 Rukun tetangga (RW) di Desa Ngampel Kulon mendapat bantuan penyemprotan disinfektan oleh para organisasi ORKAP (Organisasi Remaja Kampung Pakis) bersama para pengurus RW & RT setempat.

"Ada bantuan dana sebesar satu juta dari Kades Desa Ngampel, untuk mendorong pemuda-pemuda ORKAP tergerak agar segera mungkin melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga sekitar. Dan melakukan physical distancing sangat penting dilakukan mengingat orang sehat dapat menjadi pembawa virus corona. Jaga jarak menjadi sangat penting saat ini, karena tidak ada jaminan daerah yang belum terdampak Covid-19 juga tidak memiliki risiko penularan." ungkap Eksa Primadananta salah satu anggota ORKAP.

Salah satu pengurus RT02 / RW02 Pakis Raya, Misbah mengatakan upaya ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah mengantisipasi meluasnya wabah Covid-19 di Desa Pakis Raya. Semua warga mengaku senang dengan adanya penyemprotan di lindungi pemerintah wilayah mengingat virus corona ini sangat membahayakan keselamatan manusia.

"Kami senang dengan kegiatan penyemprotan ini dan warga pun menerimanaya tanpa ada penolakan karena mereka sadar akan bahayanya virus corona ini," ungkap Eksa Primadananta  salah satu anggota ORKAP.

Langkah pemerintah Desa Pakis Raya pun harus diimbangi dengan kepedulian warga untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya agar virus corona tidak menghinggapi warga terutama di Desa Pakis Raya. "Hindari berkerumun dan keluar rumah yang tidak penting sekali dan minimal gunakan masker atau penutup hidup lainnya," ujarnya.

Langkah penyemprotan disinfektan sudah menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Kendal sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap warganya. Hampir semua desa akan menjalani penyemprotan disinfektan seperti di Kecamatan Ngampel.

Partisipasi warga terutama pemuda ORKAP untuk ikut membantu Pemerintah dalam mencegah meluasnya penyebaran virus corona ini. Jika semua masyarakat tumbuh kepeduliannya dan mau bergerak bersama-sama, kita akan mampu melawan Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline