Lihat ke Halaman Asli

Rizka AmaliaHanik

Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PMM UMM Turut Serta dalam Proses Pemanenan Jeruk di Dusun Durek

Diperbarui: 18 September 2022   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa PMM UMM melakukan pemanenan jeruk bersama salah satu petani jeruk.Sumber gambar : dokumen pribadi

Malang - Sejumlah mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PMM) kelompok 46 gelombang 7 dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Ibu Mudrifah SE., M.M, mengadakan kegiatan pemanenan jeruk bersama salah satu petani jeruk yaitu Bapak Khoirul Tholib di Dusun Durek, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Senin (12/09/2022).

"Setelah melakukan survey di beberapa tempat di Dusun Durek, kami menemukan adanya potensi buah jeruk yang banyak ditanam warga. Oleh sebab itu, saya sebagai anggota kelompok PMM sekaligus salah satu warga Durek berinisiatif untuk menjadikan buah jeruk sebagai objek program kerja. 

Program kerja tersebut mencakup proses pemanenan jeruk yang kita lakukan saat ini," ujar 'Aina selaku anggota kelompok PMM sekaligus warga Dusun Durek.

Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam melakukan proses pemanenan jeruk karena mereka disini tidak hanya sekedar memanen jeruk, tetapi juga dapat menambah wawasan mengenai bagaimana cara memilih buah jeruk yang sudah siap panen.

Bapak Khoirul Tholib selaku petani jeruk sedang menjelaskan tentang cara memanen buah jeruk. sumber gambar : dokumen pribadi

Bapak Khoirul Tholib merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan mahasiswa ini. Hal tersebut sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh beliau, "Saya cukup senang dengan kehadiran mahasiswa UMM yang sedang melakukan kegiatan PMM di kebun jeruk saya. 

Disini mereka tidak hanya membantu saya dalam proses pemanenan jeruk, tetapi mereka juga ikut belajar tentang bagaimana cara memanen buah jeruk yang baik dan benar. Harapan saya dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mengembangkan potensi buah jeruk di Dusun Durek."

Pada dasarnya kegiatan ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan dilakukan selama 30 hari dan merupakan kegiatan pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline