Lihat ke Halaman Asli

Rizka Amalia

Mahasiswa

Tetap Produktif di Rumah, KKN TIM II UNDIP Tahun 2023 Gencarkan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM

Diperbarui: 9 Agustus 2023   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Produk UMKM Usfie Snack (Dokpri)

Lumeneng, Paninggaran, Kabupaten Pekalongan (3/8/2023) -- Industri Rumah Tangga dan UMKM merupakan salah satu sumber penghasilan yang mulai dilirik oleh para ibu rumah tangga. Namun kesadaran akan pemasaran yang terus berkembang dan berubah belum begitu tinggi. Industri Rumah Tangga dan UMKM dipaksa untuk melakukan penyesuaian secara cepat sejalan dengan revolusi industri saat ini. Seluruh industri dan UMKM diharuskan memiliki platform online maupun offline sehingga penjualan produk tetap dapat meningkat seiring kebutuhan pasar yang juga perlahan naik. Namun pada implementasinya, banyak Industri Rumah Tangga dan UMKM dijalankan oleh pelaku usaha yang tidak cukup mengetahui dan memahami cara pemasaran produk secara online.

Berangkat dari masalah tersebut, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM II Tahun 2023, Amaylia Roosya, memiliki program kerja untuk meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM mengenai pemasaran digital untuk UMKM Basreng di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Pelatihan digitalisasi pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari Industri Rumah Tangga dan UMKM yang terbilang baru ini. Dari kegiatan ini diharapkan, Industri Rumah Tangga dan UMKM dapat menggeliat kembali untuk menyongsong kemandirian ekonomi Desa Lumeneng, Kabupaten Pekalongan.

Pelaksanaan digitalisasi pemasaran ini dilakukan di UMKM atau Industri rumahan Basreng "Usfie Snack". Pelaksanaan pelatihan hari pertama dilakukan diskusi mengenai logo dan akun apa saja yang perlu dibuat dengan pemilik usaha. Menurut pelaku UMKM Usfie Snack, pelatihan ini memberikan wawasan baru bagi beliau dalam memasarkan produknya melalui media sosial. Pasalnya selama ini ia hanya memasarkan produknya melalui sistem berkeliling menggunakan sepeda motor dan menitipkan ke warung-warung. Dengan adanya kegiatan ini, pemilik usaha dapat memasarkan produknya keluar daerahnya dengan desain produk yang menarik sehingga terdapat peningkatan omzet terhadap bisnis beliau.

Produk UMKM Usfie Snack (Dokpri)

Peningkatan kesadaran mengenai digitalisasi pemasaran produk Industri Rumah Tangga dan UMKM ini memberikan peluang besar untuk setiap usaha di Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan melakukan ekspansi usaha menjadi lebih luas dengan cakupan hingga ke tingkat nasional. Maka secara langsung juga mempengaruhi peningkatan penggunaan komoditas sumber daya alam di Desa Lumeneng sebagai produk olahan jadi siap jual.

Pelaksanaan program keilmuan ini diharapkan para pelaku Industri Rumah Tangga dan UMKM Desa Lumeneng, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan dapat lebih meningkatkan penjualan produk melalui pemasaran berbasis digital, peningkatan kemandirian ekonomi desa, dan terciptanya lapangan-lapangan pekerjaan baru bagi warga Desa Lumeneng. Selain itu, harapan terbesar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memperkenalkan lebih jauh hasil Industri Rumah Tangga dan UMKM Desa Sendang ke masyarakat lebih luas.

Penulis : Amaylia Roosya 

Jurusan/Fakultas :  Manajemen / Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Universitas Diponegoro

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline