Pengaruh Live Streaming Pada Minat Beli Konsumen
Semakin berkembangnya zaman, teknologi pun semakin canggih, semakin banyak pekerjaan yang dipermudah oleh teknologi zaman sekarang, termasuk marketing atau berjualan, zaman sekarang berjualan dapat dilakukan secara offline dan online, dimana secara online dapat melalui e-commerce dan untuk promosinya juga dapat dilakukan secara online melalui media sosial. Dalam menjalan usaha atau bisnis, dibutuhkannya promosi produk yang dimana ini memerlukan strategi atau cara-cara untuk menarik konsumen. Salah satu strategi penjualan yang sedang ramai saat ini adalah live streaming atau siaran langsung dimana penjual mempromosikan produknya melalui siaran langsung melalui media sosial. Media sosial yang digunakan juga bervariasi seperti TikTok, Instagram, dan Facebook. Sebelumnya media sosial ini juga banyak digunakan untuk keperluan promosi usaha atau bisnis namun hanya melalui foto, video, atau review dari influencer maupun pelanggan, menurut hasil data oleh CNN Indonesia pada Januari 2021 E-Commerce live streaming di Indonesia dilaporkan meningkat secara signifikan selama pandemi, dan sekarang tidak hanya E-commerce tetapi media sosial pun juga banyak dijadikan media promosi dengan live streaming. Saat pandemi sangat terbatasnya masyarakat untuk keluar rumah, namun masyarakat atau konsumen harus tetap memenuhi kebutuhannya maka dari itu belanja online menjadi sangat meningkat di kala pandemi, dan masih tetap ramai hingga sekarang, dikutip dari Kompas.id "Kebiasaan berbelanja online semakin terbentuk Ketika masyarakat mengalami keterbatan kegiatan di luar rumah sejak pandemi covid-19." dengan ini para penjual pun terus menggali cara baru mengenai stragei marketing apa yang harus diterapkan guna menarik pembeli.
Strategi marketing dengan live streaming tengah ramai digunakan oleh banyak penjual untuk mempromosikan produk mereka, selama siaran langsung berjalan penjual biasanya aktif dalam mempromosikan produk mereka dengan memberikan promo atau diskon untuk konsumen selama siaran berlangsung, menjelaskan mengenai deskripsi produk, memberikan rekomendasi jenis produk yang sesuai dengan request orang yang menonton. biasanya penjual pada saat mengadakan live streaming ini juga menyiapkan link atau langkah untuk pembelian produk, misalkan jika live streaming berlangsung di e-commerce maka pembeli dapat langsung mengklik toko yang mengadakan live tersebut, dan untuk media sosial seperti Instagram dan tiktok juga sudah ada fitur tersendiri untuk berjualan khusus untuk akun bisnis dimana dapat membeli langsung melalui aplikasi tersebut. Strategi live streaming cukup banyak menarik konsumen dikarenakan banyaknya keuntungan yang diperoleh dari kosumen itu sendiri diantaranya yaitu seperti mudah diakses pencarian tokonya maupun proses pembeliannya, selain itu dapat menyaksikan produk secara langsung walaupun via daring, dapat bertanya terkait produk kepada penjual secara langsung melalui kolom komentar yang telah tersedia, adanya promo atau diskon yang diberikan hanya pada saat live streaming berlangsung juga menjadi faktor minat beli konsumen. Seringkali kita ingin membeli suatu barang via online namun merasa ragu apakah akan sesuai ekspektasi atau tidak dikarenakan kita hanya melihat dari foto atau video yang yang disediakan oleh penjual yang dimana dapat terbesit keraguan apakah foto atau video tersebut asli atau tidak sesuai dengan barang yang dijual, namun untuk live streaming sendiri dapat disaksikan secara langsung oleh konsumen, dengan ini dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen yang ingin membeli produk, sehingga dapat meningkatkan pula minat beli konsumen terhadap produk yang di promosikan.
Dalam menerapkan strategi live streaming ini juga terdapat beberapa strategi lagi didalamnya, seperti waktu-waktu kapan saja yang tepat melakukan live streaming untuk menarik konsumen, salah satu penjual di Lazada, Poeti, menurutnya waktu terbaik untuk live streaming adalah pada saat tanggal gajian, saat mega-capaign, weekend, sampai jam pulang kerja. Minat beli konsumen juga ditentukan bagaimana live streaming berlangsung, seperti apakah penjual interaktif dalam menanggapi konsumen, apakah penjual aktif dalam mempromosikan produk, bagaimana penjual dalam mempromosikan produk, selain itu juga tata ruangan dan dekorasi tempat live berlangsung dan kualitas produk yang di promosikan. Live streaming biasanya dapat berlangsung hingga ber jam-jam, dan setiap toko sangat bervariasi waktunya tidak tentu dalam satu waktu yang sama. Saat live streaming juga biasanya penjual akan mempraktikkan penggunaan produk jika itu barang askesoris atau pakaian, semisal jika barang merupakan tas atau baju maka akan dipakai oleh penjual agar konsumen dapat mevisualisasi bagaiamna jika itu dipakai, dan jika barang berupa makanan maka penjual akan mencoba makan makanan tersebut untuk memberi testi kepada konsumen semisal kerenyahannya atau ukuran makanannya seberapa besar.
Online market dalam mempengaruhi minat konsumen dalam membeli cukup berpengaruh, terutama sejak pandemi yang dimana pertemuan tatap muka sangat terbatas, sehingga penjualan secara offline pun sangat terbatas kala itu, tapi tidak sampai pandemi saja, bahkan saat ini saat pandemi sudah berakhir, marketing secara online sangat banyak diminati oleh masyarakat. live streaming menjadi salah satu strategi yang banyak diterapkan oleh penjual dikarenakan dapat mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen walau melalui daring. Visualisasi yang didapat oleh konsumen, penjelasan produk, pertanyaan-pertanyaan konsumen terkait produk, kemudahan akan akses pembelian, jika ini semua terpenuhi dengan baik, maka dapat meningkatkan keyakinan konsumen untuk membeli produk, dimana secara tidak langsung meningkatnya minat konsumen dalam membeli produk.
Daftar Pustaka:
CNN Indonesia. (2021). Jualan Online Live Streaming di RI Melonjak Kala Pandemi. Diakses pada 8 Juli 2023 dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210126135814-206-598525/jualan-online-live-streaming-di-ri-melonjak-kala-pandemi
Pancawati, Dewi MB. (2023). Kebiasaan Belanja "Online" Berlanjut meski Pandemi Melandai. Diakses pada 8 Juli 2023 dari https://www.kompas.id/baca/riset/2023/01/09/kebiasaan-belanja-online-berlanjut-meski-pandemi-melandai
Respati, A., R. (2022). Mau Live Streaming Saat Jualan Online? Simak Tipsnya. Diakses pada 8 Juli 2023 dari https://money.kompas.com/read/2022/06/14/111200426/mau-live-streaming-saat-jualan-online-simak-tipsnya?page=all
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H