Lihat ke Halaman Asli

Rizka ClaudinaListy

KKN TIM II 2021 UNIVEERSITAS DIPONEGORO

Cara Pembuatan Pupuk Organik dari Cangkang Telur

Diperbarui: 13 Agustus 2021   21:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Limbah dapur terbuang begitu saja???? 

Ubah dengan ini yuk supaya lebih bermanfaat lagi

        Temanggung (22/7/2021). Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro berlangsung sejak 30 Juni- 12 Agustus 2021 dengan mengusung tema Sinergi perguruan tinggi dengan masyarakat di masa pandemic Covid-19 berbasis pada tujuan pembangunan (SDGs) melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata.

Mahasiswi Universitas Diponegoro, Rizka Claudina Listy jurusan peternakan berinisiatif untuk melakukan program edukasi dengan tema Optimalisasi peran PKK saat pandemi Covid-19 dengan kreasi tanaman sukulen serta memanfaatkan limbah cangkang telur sebagai pupuk organik untuk tanaman hias.

         Telur merupakan salah satu produk hasil ternak yang sering kita konsumsi. Harganya yang relative murah dan kandungan nutrisinya yang baik membuat telur banyak diminati dari berbagai kalangan umur. Telur merupakan produk pangan yang mudah didapatkan. Selain itu telur memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Diantaranya yaitu dapat meningkatkan kinerja otak, melancarkan peredaran darah dan mencegah anemia, menurunkan resiko kanker serta dapat menurunkan berat badan. Tidak hanya telur saja loh yang bermanfaat ternyata cangkang telur juga bisa dimanfaatkan.

Saat ini masyarakat di seluruh Indonesia tengah dilanda musibah besar akibat dari Covid-19, maka dari itu Universitas Diponegoro kali ini mengusung tema KKN (Kuliah Kerja Nyata) "Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan(SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata " dimana kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal sekitar. Program-program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2021 diharapkan mampu meringankan beban masyarakat, terutama di bidang ekonomi.

Pengumpulan cangkang telur sebagai bahan pupuk organic 

dokpri

Cangkang telur yang telah digiling sebagai pupuk organic dan pembuatan pupuk organic cair (POC) Dokpri

Seperti di Desa Congkrang, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung salah satu mahasiswa KKN TIM II 2021 wilayah RT 02 melakukan pembuatan pupuk organik cair yang berasal dari limbah cangkang telur. Pelaksanaan program ini diterima dengan baik oleh warga sekitar. Akan tetapi mengingat adanya pandemi Covid-19 sebagian warga meminta penyuluhan dilakukan secara door to door atau mandiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline