Lihat ke Halaman Asli

CARA MENGHASILKAN REKAMAN SUARA DARI TEKS DENGAN SUARAMU SENDIRI DENGAN BANTUAN IA INI

Diperbarui: 30 Desember 2023   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

canva.com

AI (Artificial Intelligence) adalah teknologi kecerdasan buatan yang dibuat dengan maksud memudahkan pekerjaan manusia. Banyak sekali kemudahan yang kita bisa manfaatkan dengan berkembangnya AI belakangan ini. Salah satunya adalah AI bisa membantu kita membuat rekaman suara hanya dengan mengetik teks yang hendak direkam.

Pernahkah kalian membayangkan kalian bisa membuat rekaman suara kalian tanpa merekam? Ya, dengan bantuan AI kalian bisa membuat rekaman suara kalian hanya dengan menuliskan teks yang ingin kalian rekam. Berikut tahap-tahapan untuk melakukannya.

1. Instal Descript

Untuk menginstal Descript kalian harus menginstal sesuai device yang kalian gunakan. Jika menggunakan Mac, kalian dapat instal aplikasinya melalui link ini Instal Descript untuk Mac. Jika menggunakan windows, kalian dapat instal aplikasinya melalui link ini Instal Descript untuk windows.

2. Sign in atau Create Account

Setelah menginstal aplikasi descript di komputer kalian, kalian bisa langsung sign in jika memiliki akun descript sebelumnya. Jika tidak, kalian bisa membuat akun baru di menu sign up.

3. Overdub

Setelah sign in atau membuat akun baru, kalian seharusnya sudah bisa melihat jendela kerja dari descript. Di menu kiri lembar kerjanya terdapat menu overdub. Klik di menu overdub kemudian klik get started di lembar kerja overdub. Setelah itu akan muncul menu pop up untuk mengisi nama dari suara yang ingin kita hasilkan. Isi sesuai dengan nama yang kalian inginkan.

4. Rekam Suara Kalian

Setelah itu klik menu training script di sebelah kanan lembar kerjanya dan akan muncul teks yang akan kalian baca untuk merekam suara kalian. Kalian harus merekam suara kalian membaca teks tersebut minimal 5 menit. Jika menginginkan hasil yang lebih baik, descript merekomendasikan 30 menit untuk merekam suara kalian. 

Untuk memulai merekam suara kalian, klik tanda mic di tengah paling atas lembar kerja descript dan klik tombol lingkaran merah. Jika kalian sudah selesai rekaman, kalian bisa stop dengan klik kembali tombol merah yang tadi. Setelah kalian selesai, kalian dapat submit suara kalian ke descript. Klik submit di pojok kanan atas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline