Lihat ke Halaman Asli

Dika

Penulis sampingan

Dosen, Alumni, dan Mahasiswa PMPBI UNJ Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman tentang Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Madrasah Istiqlal Jakarta

Diperbarui: 19 Agustus 2024   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemateri utama: Dr. Sri Sumarni, M.Pd. dan Dr. Li. Rizdika Mardiana, M.Pd./dokpri

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PMPBI)  melanjutkan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) pada hari Rabu, 14 Agustus 2024 secara Daring bersama Guru Madrasah Istiqlal Jakarta. 

Pada kesempatan kali ini, para dosen MBPIng, Dr. Sri Sumarni, M.Pd. dan Dr. Li. Rizdika Mardiana, M.Pd., menjadi pemateri utama. Para Dosen  berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bidang pendidikan bersama beberapa mahasiswa MBPIng angkatan 2022. Peserta kegiatan PPM tetap melibatkan seluruh tenaga pendidik di Madrasah Istiqlal Jakarta, sebagaimana pada pertemuan sebelumnya. 

Dalam pertemuan ini, fokus  pada metode penelitian yang relevan untuk diterapkan dalam penelitian tindakan kelas. Contoh-contoh konkret diperkenalkan untuk memperjelas konsep-konsep yang diajarkan. 

Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta mengenai langkah-langkah praktis dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas secara efektif.

Dengan dilanjutkannya kegiatan PPM ini, para guru diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan berbagai metode yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas. 

Melalui penelitian tindakan kelas, guru dapat secara sistematis memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar siswa secara berkelanjutan. Materi yang disampaikan oleh Ibu Dr. Li. Rizdika Mardiana, M.Pd., memberikan gambaran dan ruang diskusi bagaimana merancang metode yang sesuai dengan permasalahan dalam pembelajaran yang akan diteliti. 

Dalam konteks ini, penting untuk memahami bahwa merancang metode pembelajaran yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi oleh siswa dan guru. 

Sebagai contoh, ketika merancang metode pembelajaran untuk siswa dengan berbagai tingkat kemampuan, penting untuk mempertimbangkan pendekatan diferensiasi yang memungkinkan setiap siswa untuk belajar sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan berbagai macam materi, penugasan, dan penilaian yang sesuai dengan tingkat kemampuan individu. 

Selain itu, dalam konteks penelitian, penting untuk merancang metode yang dapat memberikan hasil yang valid dan dapat diandalkan. Misalnya, penggunaan instrumen penelitian yang sesuai dan teknik analisis data yang tepat akan sangat mendukung validitas temuan penelitian. 

Dengan demikian, memperhatikan aspek-aspek tersebut dalam merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan penelitian secara keseluruhan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline