Lihat ke Halaman Asli

Di Asian Games 2018 Indonesia Siap Menjadi Pemain Global

Diperbarui: 29 Juli 2018   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gelora Bung Karno dan pencakar langit di Jakarta/dokpri

Asian Games 2018 adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita siap menjadi negara global yang disegani. Saat ini masih banyak orang di luar negeri yang memiliki salah persepsi mengenai Indonesia. Berikut adalah beberapa kesalahan persepsi yang bisa diubah melalui kesuksesan penyelenggaran Asian Games 2018.

Apa Itu Indonesia?

Banyak orang tahu Bali, tapi tidak banyak yang tahu Indonesia. Beberapa masih mengira kalau Indonesia adalah bagian dari Bali. Kalaupun mereka pernah mendengar nama Indonesia, terutama karena Kali Item-nya yang unik, mereka tidak tahu kalau negara kita adalah negara dengan penduduk nomor 4 terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

Dengan jumlah penduduk yang besar dan ekonomi yang berkembang dengan stabil, Indonesia sudah menjadi negara yang berpengaruh besar di kawasan Asia Tenggara. Saat ini produk domestik bruto Indonesia sudah menembus angka 1 trilyun dolar, terbesar ke 16 di dunia. Diproyeksikan Indonesia akan menjadi ekonomi terbesar nomor 4 di tahun 2050. Untuk mencapai aspirasi ini, kita harus bekerja bersama untuk menjadikan Asian Games 2018 momen bagi Indonesia untuk menjadi pemain yang berpengaruh di kancah global.

Indonesia Itu Negara Miskin

Banyak orang asing mengira bahwa Indonesia itu sangat miskin dan penduduknya masih tinggal di pohon atau gua. Memang dalam hal pendapatan per kapita, Indonesia masih kalah jauh dari banyak negara. Pendapatan per kapita rata-rata dunia saat ini sekitar 10.000 dolar sedangkan Indonesia masih sedikit di bawah 4000. Tapi Indonesia tidak bisa diaggap sebagai negara miskin.

Di bawah pemerintah yang sekarang, Indonesia mengalami kemajuan di berbagai bidang, terutama di bidang infrastruktur yang penting untuk membuat pembangunan dan kesejahteraan lebih merata ke seluruh pelosok tanah air.

Tentunya pengunjung manca negara akan terkagum-kagum dengan ukuran dan desain terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Mereka yang terbang dengan Garuda Indonesia akan menikmati pelayanan bintang 5 dari awak kabin yang dinobatkan terbaik di dunia selama 5 tahun berturut-turut.

Mereka yang mengunjungi Jakarta akan menyaksikan metropolitan yang cukup maju dengan pembangunan yang pesat di mana-mana. Bahkan kota ini mempunyai dana untuk membuat jalur rumput sementara di salah satu jalan arterinya. Asian Games 2018 menjadi kesempatan untuk membuka mata dunia bahwa Indonesia sedang bersiap-siap untuk menjadi negara maju dan sejahtera.

Indonesia Itu Negara Islam dan Banyak Terorisnya

Ada 2 persepsi di pernyataan di atas. Pertama, orang asing perlu tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tapi bukan negara Islam seperti Malaysia atau Arab Saudi. Indonesia adalah negara republik yang menganut asas kebhinnekaan dengan semboyannya Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi satu (Unity in Diversity).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline