Lihat ke Halaman Asli

Riz Anggora

Pecinta Kucing

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Kucing

Diperbarui: 25 Maret 2022   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kucing merupakan salah salu hewan yang kerap kali di jadikan hewan peliharaan. Selain lucu, kucing juga merupakan hewan yang amat sangat menggemaskan. Inilah alasan mengapa kucing sering di jadikan hewan peliharaan. 

Namun tahukah kamu bahwa hewan peliharaan bisa di samakan dengan manusia dalam masalah kesehatan. 

Banyak faktor yang mungkin menyebabkan hewan peliharaan kucing bisa mengalami gangguan kesehatan. Hal Hal tersebut bisa saja dari hal-hal yang selama ini kita anggap benar tentang hewan.

Bagi seorang pecinta kucing penting bagi kita untuk mengetahui apa saja sih faktor atau penyebab yang bisa mempengaruhi kesehatan kucing. 

Lalu apa saja faktor tersebut dan bagaimana kita menanggapinya. Berikut ini saya akan jelaskan hal tersebut di artikel ini. Berikut ini beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan kucing :

1. Makanan

Faktor yang pertama yang bisa mempengaruhi kesehatan adalah makanan. Tak peduli kucing jenis kampung ataupun ras, makanan bisa mempengaruhi kesehatan semua jenis kucing jika makanan yang kita berikan adalah makanan yang kurang sehat. 

Contoh sederhananya yakni kita terus memberi makanan kucing kampung atau domestik berupa ikan asin setiap harinya. Memberikan ikan asin setiap hari akan membuat kucing kampung menderita penyakit kulit seperti gatal-gatal dan juga bulu rontok.

Tak hanya itu saja, jika kita memberikan makanan yang tidak tepat akan menjadi penyebab gangguan pada tubuh kucing, contohnya pemberian nasi campur ikan setiap harinya bagi kucing ras seperti anggora akan berdampak bagi kesehatan tubuhnya dan juga pertumbuhan bulu-bulunya. 

Nutrisi yang tidak cukup serta kadar protein yang kurang adalah penyebab kenapa pemberian nasi campur ikan di nilai kurang baik bagi kucing jenis kucing ras terutama kucing yang memiliki bulu lebat.

Untuk menghindari gangguan kesehatan yang di akibatkan pemberian makanan yang tak sesuai, cukup dengan mengganti makanan dengan makanan yang lebih bernutrisi tak harus wet food dan juga dry food.

2. Minuman

Selain makanan, minuman juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan kucing. Banyak di antara kita yang memelihara hewan baik itu kucing atau hewan lainnya mengira dan menganggap bahwa air mentah bisa di jadikan minuman hewan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline