Oleh: Rizal, S.Pd (SD Negeri 90 Wayame)
Topik : Kegiatan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
Pendahuluan
Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman suku bangsa dan budaya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek kehidupan, seperti suku, bangsa, bahasa, adat istiadat, agama, dan kesenian atau budaya. Keragaman ini merupakan kekayaan yang harus dijaga, dipelihara dan dilestarikan secara terus menerus oleh setiap warga negara Indonesia. Sebagai murid kelas 4 SD Negeri 90 Wayame, guru bersama murid melakukan refleksi melalui kegiatan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Kami diajak untuk merefleksikan pengalaman kami tentang keragaman di sekitar kami.
Kegiatan Refleksi Murid terhadap pembelajaran
Berikut tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan:
Menjelaskan aktivitas refleksi
Pada kegiatan ini para guru menjelaskan dan mengarahkan alur kegiatan yang akan dilakukan oleh para murid di kelas. Keragaman yang menjadi landasan pemikiran para murid adalah tempat dimana ia mengalami atau mengetahui adanya perbedaan atau kebhinekaan/keragaman individu atau orang lain terhadap dirinya dalam hal hal suku bangsa dan budaya yang ia ketahui. pertama, keragaman di rumah yaitu misalnya dengan keragaman bahasa, suku ataupun agama oleh kedua orang tua ataupun keluarga lainnya di rumah akan sangat membantu murid untuk mengisi dan menjawab poin-poin pertanyaan refleksi di dalamnya dan benar-benar dialaminya. Keragaman yang kedua ialah keragaman di sekolah, keragaman yang terdapat di sekolah merupakan keragaman yang dimilliki oleh seluruh warga sekolahh baik antar murid, para guru, kepala sekolah, tenaga administrasi dan penjaga sekolah. Dimana warga sekolah ini memiliki berbagai keragaman baik itu dari sisi suku bangsa, bahasa, seni, agama dan lain sebagainya. Dengan adanya keragaman yang murid tentukan di sekolah ini akan memberikan pengalamannya untuk melihat, menyadari dan merasakan adanya keragaman yang dimilikinya di dalam sekolah. Keragaman yang ketiga, keragaman di lingkungan sekitar. Di dalamnya para murid akan mengamati keragaman yang terdapat di lingkungan tempat tinggalnya baik di tingkat RT, Desa maupun kecamatan. Keragaman di lingkungan sekitar ini memiliki keragaman yang cukup luas dan sangat berdampak bagi murid dan lingkungannya serta perilakunya dengan lingkungan tempat tinggalnya. Keragaman lingkungan sekitar ini para siswa akan menulis adanya keragaman budaya yang ia amati dan ia rasakan serta dampak apa yang terdapat di dalam keragaman tersebut terhadap dirinya dan bahkan kepada keluarganya.
Ketiga keragaman ini merupakan pilihan yang harus murid pilih dan menganalisis melalui pengamatannya sehari-hari pada waktu sebelumnya. Murid akan lebih memahami dan mengenal keragaman di lingkungan.
Mengambil kertas posit
Pada kegiatan ini para murid satu persatu secara bergiliran maju untuk mengambil kertas warna (posit) sebagai wadah untuk menuliskan tanggapan serta jawaban akan poin pertanyaan refleksi yang tersedia pada buku penunjang yang ada di dalam kelas. Murid yang pertama mengambil kertas adalah Putri, murid yang berani untuk tampil sebagai siswa pertama untuk menuliskan refleksi melalui kertas posit. Murid kedua disusul oleh Tika, Ia merupakan siswa aktif dan juga sebagai ketua kelas 4 di kelas ini. kemudian teman-teman murid lainnya mengikuti dan maju secara tertib untuk mengambil kertas yang masing-masing 1 lembar untuk diisi dengan jawaban yang beragam pula.