Lihat ke Halaman Asli

Diskusi Penggerak Direktur Jenderal Dikdas Dikmen Bersama Dinas Pendidikkan, BPMP, BGP, Guru Penggerak Kota Ambon Provinsi Maluku

Diperbarui: 30 Januari 2024   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bpk Dirjen Paud Dikdas DIkmen bersama Kepala Dindik Provinsi & Kota Ambon, Kepala BPMP dan  Guru Penggerak Angkatan IV Kota Ambon /Dok Pribadi

Diskusi Penggerak bersama Dirjen Paud Dikdas Dikmen Dr.Irwan Syahril, PhD  di AmbonAmbon, 30 Januari 2024 - Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Paud Dikdas Dikmen) Irwan Syahril bersama tim ahli dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan diskusi penggerak bersama guru penggerak di Kota Ambon, Maluku. Diskusi ini berlangsung di Hotel Santika Premiere Ambon pada Selasa (30/1/2024).

Acara dibuka dengan sambutan pertama dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Pak Edi Taso. Ia menyambut baik kehadiran Dirjen Paud Dikdas Dikmen dan tim ahli di Kota Ambon. Pak Taso  juga menyampaikan apresiasi kepada guru penggerak yang telah berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Ambon.

Sambutan kedua dilanjutkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Ibu Insun Sangadji. Beliau menyampaikan bahwa Maluku memiliki sejarah panjang dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, ia berharap guru penggerak dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku.

Sambutan ketiga dari perwakilan tim ahli dari Kemendikbudristek yang menyampaikan berbagai hal salah satunya terkait kegiatan lomba di berbagai tingkatan, mulai dari jenjang paling rendah hingga nasional. Tim ahli juga memberikan penguatan kepada guru penggerak untuk terus berkarya dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Sambutan dan diskusi terakhir oleh Dirjen Paud Dikdas Dikmen Dr. Iwan Syahril, Ph.D. Beliau mengawali diskusi dengan memberikan kesempatan kepada para audiens guru penggerak untuk tunduk merenung selama semenit kemudian melakukan bercerita berpasangan. Setelah itu, salah satu pasangan menceritakan kembali cerita pasangannya kepada beliau melalui forum untuk menjadi refleksi bagi seluruh guru penggerak.

Para audiens yang menyampaikan hasil refleksinya mulai dari unsur guru penggerak, kepala sekolah penggerak, dan bahkan dari unsur guru honor yang sukses menjalani karir setelah menjadi guru penggerak. Berbagai cerita inspiratif dari guru dan sekolah penggerak memberikan masukan positif bagi Bapak Dirjen Paud Dikdas Dikmen serta kepada seluruh peserta untuk dapat menggali potensi dan mengembangkan pendidikan di kota ambon dan provinsi maluku pada umumnya.

Pak Dirjen mengakhiri diskusi dengan memberikan penguatan kepada seluruh audiens. Ia mengatakan bahwa kekuatan Maluku dengan pendidikan sangat erat dari sisi historis. Ia juga mengatakan bahwa guru penggerak harus menjadi jembatan bagi murid-murid, terus membuat perubahan, menjadi sosok guru yang solutif, dan memiliki semangat gotong royong.

Bpk. Dirjen memainkan gitar dan bersama menyanyikan lagu selamat ulang tahun/Dokpri

Di sesi terakhir, moderator memberikan kejutan ulang tahun kepada Dirjen Paud Dikdas Dikmen. Dirjen ikut serta dalam acara tersebut dengan memainkan alat musik gitar dan bersama seluruh peserta diskusi menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Suasana gembira menyelimuti ruangan dengan iringan suara gitar yang dimainkan Pak Direktur. 

Dalam sesi ini, Bapak Dirjen memberikan beberapa bingkisan kepada beberapa guru penggerak yang berulang tahun pada bulan Januari 2024 ini. Ia juga mendapatkan bingkisan dari tuan rumah BPMP Maluku dengan menyematkan syal kain daerah asal Maluku.Beberapa guru yang menerima bingkisan ulang tahun diantaranya Bapak Alfi Hasan sebagai Koordinator Provinsi sekaligus kepala sekolah penggerak yang berdedikasi tinggi, Ibu Sonya Ely sebagai Koordinator guru penggerak Kota Ambon, dan beberapa guru penggerak lainnya yang berulang tahun dan yang telah melakukan diskusi dengan menyampaikan berbagai refleksi dan aspirasi guru penggerak di Kota Ambon bersama beliau.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline