Lihat ke Halaman Asli

Belajar Membuat Jaring-jaring Kubus dan Balok Matematika SD Negeri 90 Wayame

Diperbarui: 15 Januari 2024   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Guru Matematika SD Negeri 90 Wayame Ajari Siswa Membuat Jaring-Jaring Kubus dan Balok

Ambon, 15 Januari 2024 - Guru matematika di SD Negeri 90 Wayame, Maluku, Pak Rizal, mengajarkan konsep jaring-jaring bangun ruang kepada siswa kelas 6. Dalam pelajaran tersebut, siswa diajak untuk menggambar bentuk pola beberapa bangun datar dengan ukuran panjang sisi 10 cm. Bahan yang digunakan adalah karton bekas maupun manila karton, mistar, pensil, gunting dan penghapus.

Dalam proses praktik, terjadi kejadian lucu yang dialami oleh siswa. Mulai dari kegiatan tanya jawab awal tentang apa itu jaring-jaring menurut murid? Diantara jawaban mereka sebelum mengetahui materi ini yaitu seperti: jaring laba-laba, jaring ikan, jaring spiderman dan jawaban lucu lainnya. Di sini kita mulai memberikan asesmen awal tentang seberapa pengetahuan murid tentang materi yang akan diajarkan.

 Kejadian lucu lainnya pada proses praktik pembelajaran misalnya masih terdapat sebagian besar murid mengukur panjang rusuk 10 cm yang dimulai dengan angka 1 pada mistar yang seharusnya mulai dari angka 0. Hal ini mengakibatkan ukuran bangun datar yang mereka gambar menjadi lebih pendek atau kecil dari yang seharusnya. Meskipun demikian, siswa tetap semangat untuk menyelesaikan tugasnya. Mereka berusaha mengukur dengan lebih teliti agar hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan.

"Kejadian lucu itu membuat siswa menjadi lebih teliti dalam mengukur," ujar Rizal. "Mereka juga belajar untuk tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan sesuatu."Rizal mengatakan bahwa pelajaran tersebut bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang konsep jaring-jaring bangun ruang. Siswa diharapkan dapat memahami hubungan antara bangun ruang dengan jaring-jaringnya. "Dengan memahami konsep jaring-jaring bangun ruang, siswa akan lebih mudah untuk membentuk bangun ruang," ujar Rizal.

Pada akhir pelajaran, siswa sudah dapat membuat dan membentuk kubus dan balok. Mereka juga dapat menjelaskan hubungan antara kubus dan balok dengan jaring-jaringnya.

"Saya senang bisa belajar tentang konsep jaring-jaring bangun ruang," ujar salah satu siswa, Joshua. "Saya jadi tahu cara membuat kubus dan balok."

Rizal berharap agar pelajaran tersebut dapat memberikan pemahaman yang baik kepada siswa tentang konsep jaring-jaring bangun ruang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline