Lihat ke Halaman Asli

MPR dan DPP LDII Tandatangani MoU untuk "Sekolah Virtual Kebangsaan" dalam Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Diperbarui: 3 September 2024   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MoU MPR RI dengan LDII terkait Sekolah Virtual Kebangsaan (3/9). Foto: Cak Rull

Jakarta, 3 September 2024 --- Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan DPP LDII resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama terkait "Sekolah Virtual Kebangsaan" pada Selasa, 3 September 2024, di Gedung Nusantara IV MPR/DPR/DPD RI, Jakarta. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso, dalam rangka sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bertema "Perkuat Wawasan Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045".

Dalam acara tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik penandatanganan MoU ini sebagai langkah strategis untuk menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan. "Ulama lebih didengar masyarakat daripada politisi. Dengan bekerja sama dengan ormas seperti LDII, kita dapat lebih efektif menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Bamsoet.

Bamsoet juga menekankan ancaman dari teknologi, media sosial, dan ideologi eksternal yang dapat merusak nilai-nilai kebangsaan. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang berpijak pada falsafah bangsanya sendiri," tambahnya, mengajak untuk menjaga persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila.

Sementara itu, Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso mengungkapkan pentingnya memahami dan menerapkan Pancasila dengan benar untuk menjaga integritas negara. "Salah penerapan Pancasila dapat membahayakan negara dan membuatnya rentan terhadap ekstremisme," ujarnya. Chriswanto juga menyoroti pentingnya literasi digital dan pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan pemahaman tentang Pancasila.

Program "Sekolah Virtual Kebangsaan" akan fokus pada pendidikan karakter dan penanaman nilai-nilai kebangsaan di kalangan pendidik, tokoh LDII, dai-daiyah, dan pimpinan pondok pesantren. Ketua DPP LDII Singgih Tri Sulistiyono menegaskan kesiapan LDII untuk berkolaborasi dengan MPR dalam melaksanakan program ini. "Kami berharap sosialisasi empat pilar kebangsaan terus dilakukan untuk membangun identitas bangsa dan mencapai tujuan negara," ujar Singgih.

Ia menambahkan, "Kemenangan kita dalam melawan penjajahan dan mewujudkan pembangunan nasional bergantung pada persatuan, kesatuan, gotong royong, toleransi, dan kekompakan. Kami berkomitmen untuk mewujudkan Empat Pilar Kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara." (Lines/Rizal PM)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline