Lihat ke Halaman Asli

Jadikan Pramuka sebagai Karakter Bangsa

Diperbarui: 28 November 2018   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pramukaria.id

Siapa yang tidak kenal dan belum mendengar kata Pramuka? Ya, hampir semua orang pasti pernah mendengar kata Pramuka. Bahkan hingga saat ini, Pramuka telah masuk ke Kurikulum dan menjadi pelajaran wajib bagi siswa di setiap sekolah.

Gerakan Pramuka yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote mendirikan Kepramukaan yang mendasarkan Satya dan Dharma Pramuka harus tertanam dalam setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku  dalam kehidupan sehari-hari.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Dalam catatan sejarah, organisasi kepanduan telah ada di Indonesia sejak zaman Kolonial Belanda meskipun pada saat itu masih terkotak-kotak, terpecah-pecah gerakan kepanduan itu. Seiring berjalan waktu, terlahir dalam catatan sejarah Indonesia, Gerakan Pramuka pada tahun 1961 yang di tandai dengan serangkaian peristiwa berkaitan. Seperti Pidato Presiden di hadapan para tokoh dan pimpinan organisasi Kepanduan pada 9 Maret di Istana Negara. Kemudian munculah peristiwa di terbitkannya Keputusan Presiden  No.238 tahun 1961 tentang gerakan Pramuka.

Untuk itu kita sebagai anak bangsa,sebagai generasi penerus, bisa dan tahu apa itu Pramuka. Karena dalam Pramuka, kita diajarkan untuk mandiri,saling membantu,sopan,rajin,terampil,dan gembira. Pramuka sebagai perekat bagi bangsa ini, agar menjadi bangsa yang satu, menjadi karakter kaum muda, dan menjadi karakter bangsa ini. Gerakan pramuka dalam melaksanakan fungsinya sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda Indonesia mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, dan berkarakter. Bahan Bung Karno pernah berpesan :

Berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan kita, sampai pada suatu ketika, setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik yang mahasiswa di kota maupun di yang penggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia.

Dari pesan tersebut perlu kita pahami, sebagai generasi penerua kita seharusnya melanjutkan dan mengembangkan gerakan Kepanduan, agar kaum muda menjadi lebih berkarakter, yg tidak terbawa pergaulan bebas dan negatif,tidak menjadi pemalas,tidak menjadi orang yang bodoh. Untuk itu Pramuka hadir sebagai pembentuk karakter kaum muda,sebagai perekat agar dapat menjaga keutuhan NKRI, agar bangsa ini memiliki karakter yang kuat melalui Organisasi Kepanduan Pramuka.

Untuk itu,mari kita bersama melanjutkan dan mengembangkan Kepramukaan. Agar Negri ini aman,sejahtera,berkarakter,memiliki harga diri, dan tidak di injak-injak oleh negara lain.


Salam Pramuka.!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline