Lihat ke Halaman Asli

Rizal Haidar

Mahasiswa

Mahasiswa UPI Lakukan Berbagai Program Kerja guna Cegah Stunting di Desa Tambun

Diperbarui: 15 September 2023   16:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : KKN Tematik UPI 2023 Desa Tambun 

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Angkatan 2020 telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun 2023 dengan Tema Si Penting (Mahasiswa Peduli Stunting) di Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam kegiatan ini, kelompok mahasiswa UPI yang terdiri dari 11 orang, melaksanakan berbagai program kerja dari tanggal 27 Juli – 27 Agustus 2023 guna cegah Stunting, seperti Pembagian  Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Pendampingan Kader Posyandu, EDUGIZI SD dan PAUD Jmari (Edukasi Gizi SD dan PAUD Belajar Makanan Bergizi), dan Senam Taat (Tambun Sehat).

Kegiatan ini bersesuaian dengan Peraturan Presiden No. 72/2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting  yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi yang menargetkan penurunan angka stunting hingga 14% di 2024 dengan melibatkan semua pihak, termasuk mahasiswa.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Suprapto mengatakan bahwa melalui pendampingan mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan stunting di tingkat keluarga.

"Peran dan keterlibatan mahasiswa di perguruan tinggi memiliki potensi dalam melakukan edukasi kepada masyarakat, sekaligus mengaplikasikan ilmu untuk pemberdayaan masyarakat" ujarnya.

“Stunting ini bukan hanya concern orang kesehatan saja, tapi seluruh lintas ilmu. Maka saat memberikan edukasi, mahasiswa juga bisa melakukannya lewat pendekatan budaya setempat dan memberikan contoh" lanjutnya.

Diharapkan bahwa program yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI 2023 dapat membantu seluruh lapisan masyarakat dalam pencegahan dan penurunan tingkat stunting di Desa Tambun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline