Lihat ke Halaman Asli

Mengapa PKn Diremehkan?

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan Kewarganegaraan , Mata Pelajaran Yang Sering diremehkan oleh sebagian Orang dibandingkan dengan Mata Pelajaran Lain semisal Matematika, Fisika, Biologi, Kima, Ekonomi,Geografi dan lainya. Mata Pelajaran Ini Seolah Dikesampingkan . padahal mata Pelajaran PKn merupakan pelajaran yang sangat penting untuk membentuk karakter dan jatidiri sebagai warga negara Indonesia. Secara umum mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempelajari tentang politik, hukum dan moral.

Situasi politik di Indonesia yang sering carut marut serta hukum yang tumpul keatas tajam ke bawah semakin membuat siswa tidak suka mempelajari pelajaran PKn ini , padahal PKn juga mempelajari moral supaya anak-anak kita mempunyai moral yang baik. Lihatlah kejadian disekitar kita banyak remaja sudah melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan usianya yang sekarang misalnya kenakalan remaja yang terjadi akhir-akhir ini seperti kekerasan pada sesama teman sendiri, pesta bikini anak SMA pasca UN dan lainya, hal tersebut akibat kurangnya pendidikan moral.

Kita sebagai generasi penerus bangsa juga harus mengamalkan nilai-nilai dasar negara kita Pancasila , oleh karena itu melalui Pendidikan PKn lah kita diajarkan tentang Pancasila, mulai dari Perumusan Pancasila sebagai Dasar negara, hingga penetapan pancasila sebagai dasar negara. Sila-sila yang ada dalam pancasila harus diamalkan oleh kita dalam perbuatan kita sehari-hari. Mata pelajaran PKn juga mempelajari tentang politik bagaimana cara berpolitik yang santun dan yang sesuai dengan tatanan politik di Indonesia , danjuga mempelajari hukum supaya tatap menjadi warga negara yang taat pada hukum sesuai dengan UUD 1945.

Selain itu dengan mempelajari PKn , rasa nasionalisme dan patriotisme kita juga dapat tumbuh, lihatlah sekarang ini banyak generasi muda muda rasa nasionalismenya sudah mulai runtuh, contoh sederhana adalah lebih suka produk luar negeri dibandingkan produk dalam negeri. Identitas dan karakter bangsa ini mulai tidak jelas, melalu PKn ini diharapkan kita sebagai generasi mudah bangsa Indonesia identitas dan karakternya selalu ada dan tetap mencintai negara Indonesia ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline