Lihat ke Halaman Asli

Cara Mudah Menuju Langsing

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kebanyakan yang kita pikirkan adalah sebuah persepsi, tahukah anda bahwa persepsi itu lebih ampuh daripada realita yang ada. Setiap hari kita dihadirkan dengan persepsi persepsi dalam kehidupan kita, yang mana persepsi itu bisa jadi adalah sebuah persepsi yang positif maupun negatif. Namun sayang, banyak dari kita yang terhanyut dengan persepsi yang negatif.Dan hal ini jugalah yang akhirnya mengendalikan sebagian besar kehidupan kita, karena persepsi itu sudah tertanam kuat di dalam pikiran bawah sadar kita, sehingga semua tindakan yang kita lakukan menjadi secara tidak sadar.

Tahukah anda, bahwa pikiran bawah sadar tidak mengenal yang namanya persepsi dan realita, atau bisa kita sebut antara imajinasi dan kenyataan. Semua bagi pikiran bawah sadar kita adalah sama. Walaupun itu hanya sebuah imajinasi, dampak yang dihasilkan dari pikiran bawah sadar kita menjadi sama. Pikiran bawah sadar adalah hasil dari sebuah informasi yang masuk dan telah mengalami filter dari pikiran sadar kita. Bilamana pikiran sadar telah mengiyakan hal ini maka informasi ini akan masuk dan tertanam kuat di pikiran bawah sadar. Ada berbagai macam cara untuk masuk ke dalam pikiran bawah sadar kita, diantaranya dengan cara rileks seperti yang biasa digunakan dalam sesi hypnotherapy.

Pada dasarnya setiap hari kita pun telah memasukan beragam informasi ke dalam pikiran bawah sadar kita secara tidak langsung dan tanpa kita ketahui. Semuanya telah bekerja secara otomatis. Maka dari itu diperlukan pikiran sadar yang bersih dan mempunyai filter yang baik agar informasi yang masuk ke dalam pikiran kita adalah memang informasi yang baik dan bermanfaat untuk kita. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengenal mana yang namanya persepsi dan realita. Persepsi adalah sesuatu yang tidak terlihat dengan mata kepala kita, persepsi bisa berbeda beda bagi setiap orang. Misalkan coba anda membayangkan sebuah meja? Dan pastilah meja yang masing masing anda imajinasikan belum tentu sama dengan yang lain, ada yang membayangkan meja itu bundar, atau ada yang membayangkan meja itu persegi dan beragam jenis lainya serta warna yang berbeda juga. Sedangkan realita adalah apa yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri, sebuah kejadian yang kita lihat secara bersamaan akan sama hasilnya. Namun anda harus berhati hati, karena saat realita itu terjadi belum tentu nanti hasil outcome dari masing masing orang sama. Karena kembali lagi, pada saat realita masuk ke dalam pikiran, di dalam pikiran kita realita tersebut diolah dan akan menjadi suatu persepsi. Nah, hasil dari persepsi ini bergantung dari masing masing orang memiliki dasar persepsi seperti apa? Karena begitu realita ini masuk ke dalam pikiran kita, mungkin ada yang dulu pernah memilkiki pengalaman kurang baik maka pikiranya akan mempersepsikan sesuai dengan persepsinya terdahulu itu. Maka dari itu data persepsi yang ada di dalam pikiran kita sangat penting untuk kita ketahui asal muasalnya, agar pada saat terjadi pengolahan, persepsi ini bisa membawakan keuntungan bagi kita.

Berat badan yang berlebih apakah sebuah masalah persepsi atau realita? Ya, ini semua adalah sebuah persepsi yang menjadi realita. Pernahkah anda merasa gemuk tetapi ketika bertemu teman anda malah berkata “kok, kamu agak kurusan sih sekarang?” pedahal anda sudah menjerit jerit bahwa berat bada anda berlebih. Ya... itu semua karena kita memiliki persepsi yang berbeda beda. Anda beranggapan bahwa diri anda memiliki berat badan berlebih, sedangkan teman anda mengatakan bahwa tubuh anda oke. Itulah persepsi, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai persepsi anda terhadap tubuh anda, seperti apakah? Coba sekarang anda renungkan benar benar, seperti apakah anda mempersepsikan tubuh anda? Apakah anda sudah merasa baik, apakah berat badan yang anda miliki sekarang sudah anda rasakan cukup. Bagaimana anda melihat diri anda? Apa yang ada rasakan saat melihat diri anda bercermin? Banyak yang beranggapan masalah persepsi ini adalah masalah yang sepele. Oke kita bisa mengatakan itu dulu, sekarang ternyata setelah anda mengetahui dan merasakan apa yang terjadi pada tubuh anda, ternyata persepsi itu sangat penting. Justru inilah titik awal yang dapat mengubah hidup anda mulai dari sekarang hingga seterusnya.

Bagaimana jadinya, jika anda mempersepsikan diri anda memiliki tubuh yang sangat indah, segar, ideal... hhmmmm... terasa menyenangkan bukan... ya anda bisa coba rasakan, sambil anda imajinasikan... lihat dengan jelas tubuh anda, lihat pakaian yang anda kenakan, dengar apa yang orang orang katakan tentang anda, dan rasakan anda bisa bergerak sangat bebas dengan tubuh anda ini. Ya... inilah yang anda inginkan, simpan baik baik di bawah sadar anda. Biarkan rasa ini selalu ada di dalam diri anda, dan setiap kali anda melihat tubuh dan hidup anda, perasaan ini segera muncul dengan sendirinya dengan sangat mudah dan membuat anda lebih segar. Sekarang, anda sudah mengetahui persepsi mana yang terbaik untuk anda, yang persepsi lama tadi biarkan kita simpan jauh disana. Sekarang mari kita hadapi persepsi baru ini untuk kehidupan kita ke depan dan seterusnya. Biarkan persepsi yang baru saja anda temukan ini membawa anda ke kehidupan yang lebih baik dan menyenangkan, kehidupan seperti yang anda inginkan. Selamat atas persepsi baru anda, dan bersiaplah untuk menerima realita kehidupan anda yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline