Lihat ke Halaman Asli

Rizal Zuhdy

Simple medical doctor

Plagiocephaly

Diperbarui: 25 Maret 2020   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wikipedoa

Apa itu plagiocephaly?
Plagiocephaly (kadang-kadang disebut plagiocephaly deformasional atau plagiocephaly posisional) adalah gangguan yang sangat umum, sangat dapat diobati. Itu menyebabkan kepala bayi memiliki penampilan yang rata.

Foto Bayi Baru Lahir Dengan Plagiocephaly


Plagiocephaly berkembang ketika tengkorak lunak bayi menjadi rata di satu area, karena tekanan berulang pada satu bagian kepala. Banyak bayi mengalami plagiocephaly dengan tidur secara teratur dalam satu posisi. Kondisi ini lebih sering terjadi pada bayi prematur yang tengkoraknya sangat lentur.

Perawatan untuk plagiocephaly biasanya termasuk latihan khusus, posisi tidur yang bervariasi atau memakai ikat kepala korektif atau menggunakan cangkir cetakan.

Anak-anak dengan plagiocephaly sering melihat ahli bedah plastik atau ahli bedah saraf untuk memastikan mereka tidak memiliki craniosynostosis. Craniosynostosis adalah ketika tulang tengkorak berbaur bersama dan menciptakan bentuk kepala abnormal yang dapat terlihat seperti plagiocephaly. Namun, tidak seperti plagiocephaly, craniosynostosis membutuhkan pembedahan.

Apa saja gejala plagiocephaly?
Plagiocephaly menyebabkan penampilan pipih di satu sisi kepala bayi. Ini biasanya satu-satunya gejala; itu tidak menyakitkan dan tidak mempengaruhi kehidupan atau kemampuan bayi sehari-hari.

Apa penyebab plagiocephaly?
Kebanyakan bayi mengalami plagiocephaly dengan tidur secara teratur dalam satu posisi. Studi menunjukkan bahwa 20 hingga 25 persen bayi yang tidur telentang mengembangkan beberapa tingkat plagiocephaly.

Penyebab lain plagiocephaly termasuk:

  • Posisikan di dalam rahim. Karena tengkorak bayi sangat lunak, mereka seringkali sedikit cacat dari proses persalinan normal, tetapi ini tidak menyebabkan plagiocephaly. Bayi yang merupakan bagian dari kelahiran berulang atau yang memiliki ibu dengan uterus kecil kemungkinan besar mengalami plagiocephaly.
  • Prematuritas. Banyak bayi prematur menghabiskan waktu yang lama dalam posisi tetap sementara mereka pulih di unit perawatan intensif neonatal. Ini sering menyebabkan plagiocephaly.\
  • Muskular torticollis. Ini adalah pemendekan otot di satu sisi leher, menyebabkan kepala miring ke satu arah.

Apakah bayi saya akan baik-baik saja?
Iya. Plagiocephaly adalah kondisi yang sangat dapat diobati yang menyebabkan perubahan kosmetik pada bentuk tengkorak bayi. Kondisi ini merespon sangat baik terhadap perawatan non-invasif, seperti:

  • helm
  • cangkir cetakan
  • latihan
  • perubahan posisi tidur

Apakah plagiocephaly umum?
Iya. Plagiocephaly telah menjadi umum sejak American Academy of Pediatrics mulai menasihati orang tua untuk menempatkan bayi tidur terlentang untuk mencegah Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS). Walaupun rekomendasi ini telah meningkatkan jumlah bayi dengan plagiocephaly, hal ini juga sangat mengurangi jumlah bayi yang hilang akibat SIDS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline