JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.2 "PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA"
Assalamualaikum Wr.Wb, Bapa/Ibu Guru hebat perkenalkan nama saya Riza Fasya Juliana, S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 dari SMP Negeri 1 Cikijing Kab. Majalengka Prov. Jawa Barat.
Pada kesempatan kali ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Jurnal ini sebagai refleksi diri yang ditulis secara rutin setiap dua minggu sekali dalam mengikuti kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 di Kab. Majalengka.
Dalam menulis refleksi ini, saya menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings dan Future) metode ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran Dan Penerapan.
1. Facts (Peristiwa)
Pada Modul 3.2 saya mempelajari materi berkaitan tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam dua minggu ini ada beberapa materi yang saya pelajari di LMS sesuai alur MERDEKA, diantaranya:
Mulai dari diri yaitu saya mengamati dan menjawab beberapa pertanyaan reflektif terkait Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya.
Eksplorasi Konsep yaitu saya mempelajari beberapa materi dan menjawab pertanyaan pemantik tentang faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah, pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah, pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD) dan membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolah. Kemudian saling memberikan umpan balik serta komentar terhadap tulisan 2 orang CGP teman saya.
Ruang Kolaborasi Modul sesi 1 - pada bagian ini saya bekerja kelompok dengan teman CGP untuk mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.
Ruang Kolaborasi Modul sesi 2 -- saya dan teman CGP mempersentasikan hasil diskusi pada ruang kolaborasi 1. Tugas ini saya apload di LMS.
Demonstrasi Kontekstual yaitu pada bagian ini saya mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah dan menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid dengan mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.