Lihat ke Halaman Asli

Riza Arisma Nazani

Riza Arisma Nazani ( Risya)

Teknik Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 3 November 2021   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Evaluasi adalah adanya usaha yang di lakukan untuk memperoleh informasi secara sistematis dan berkesinambungan serta menyeluruh tentang adanya proses dalam hasil belajar peserta didik sehingga dapat di jadikan informasi dan sebuah patokan dalam pengambilan sebuah keputusan mengenai paham atau tidak siswa dalam proses pembelajaran tersebut.

Dalam kehidupan sehari hari, penggunaan berbagai teknik penilaian ini terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran itu sendiri,sehingga guru tidak harus menggunakan instrumen khusus. ada dua macam teknik yang dapat di gunakan dalam melaksanakan evaluasi, yaitun teknik tes dan teknik non tes :

1. Tes 

Metode tes ini digunakan dengan alat penilaian berbentuk tes karena adanya berbagai pertimbangan antara lain bertujuan untuk kegiatan anak paud metode tes jarang sekali digunakan. Namun tidak tertutup kemungkinan guru menggunakan tes ini terdapat 2 jenis tes yaitu tes standar dan tes buatan guru. Tes standar terdiri dari tes intelegensi, minat, bakat keperibadian, atau yang lainya. 

Tes ini dihasilkan melalui prosedur yang lama penggunaan tes standar ini hanya oleh orang-orang yang memiliki kualifikasi yang dituntut dalam penggunaan tes ini kalau guru ingin mengetahui potensi yang berhubungan dengan intelegensi atau yang lainya guru harus meminta bantuan pesikolok anak agar dapat mengenal lebih tentang anak. Tes buatan guru dapat dihasilkan oleh guru termasuk guru TK

2. Non tes

Metode penilaian yang lain adalah non tes, metode ini digunakan dengan alat-alat penilaian non tes. Alat penilaian non tes yang sering digunakan Paud antara lain yaitu : 

Pemberian tugas

Pemberian tugas adalah suatu cara penilaian yang dilakukan dengan memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan anak yang akan diungkap, pemberian tugas ini sebagai alat penilaian yang dapat diselesaikan secara kelompok, berpasangan atau individual. Contoh membentuk tanah liat dan yang lainya.

 A. Percakapan 

Percakapan merupakan penilain yang dilakukan melalu percakapan atau cerita antara anak dengan guru atau antara anak dengan anak, ada 2 macam percakapan dalam rangka penilaian yang dapat dilakukan, yaitu pertama penilaian percakapan yang terstruktur dimana percakapan dilakukan dengan sengaja oleh guru dengan menggunakan waktu khusus menggunakan pedoman sederhana contoh pada berdoa.Sedangkan yang kedua penilaian percakapan yang tidak berstruktur dimana percakapan dilakukan antara guru dan anak tanpa persiapan, dimana saja kapan saja dan sedang melakukan kegiatan yang lain contoh mengucapkan salam pada saat bertemu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline