Lihat ke Halaman Asli

Riza muharmayenti

Mahasiswi MAB SV IPB

Patuhi Protokol Kesehatan Saat Covid-19

Diperbarui: 19 Juli 2021   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia saat ini semakin meningkat. Bertambahnya jumlah kasus ini membuat angka infeksi Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta orang. Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protocol Kesehatan yang telah di tentukan oleh pemerintah Indonesia. Protokol kesahatan ini ditujukan untuk mencegah penularan virus corona dan meminimalisir bertambahnya angka kasus infeksi terkenanya virus tersebut.

Protokol Kesehatan tersebut meliputi menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta wajib menjaga jarak. Hal ini bukanlah hal yang mudah untuk membiasakan semua orang dengan hal seperti itu, karena bukan kebiasaan untuk kita semua. Namun kita harus bekerja lebih keras lagi untuk selalu meningkatkan diri sendiri, orang lain/sekitar kita, agar terus menerapkan protocol Kesehatan agar tidak terjadi penambahan kasus Covid-19. Sebab semakin hari virus ini semakin bertambah.

Pertambahan kasus virus corona ini bukan hanya menjadi hal yang menyedihkan. Itu juga untuk menjadi pengingat agar kita senantiasa menjalankan protokol Kesehatan. Ketika kalian mengalami hal-hal seperti, demam tinggi, batuk kering, pilek, hidung berair dan bersin-bersin., sesak napas semua itu adalah gejala dari virus corona tersebut dapat bertambah parah secara cepat dan menyebabkan kematian. gejala infeksi virus dapat muncul mulai 2 hari hingga 14 hari setelah terpapar virus corona.

Infeksi coronavirus umumnya diketahui melalui gejala dan pemeriksaan fisik yang dikeluhkan pasien. Setelah itu dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan penunjang untuk membantu menyembuhkan virus tersebut. Pemeriksaannya antara lain adalah pemeriksaan darah, fungsi ginjal dan hati serta pemeriksaan virologi. Selain itu, specimen dari hidung dan faring pasien pun akan di ambil dengan Teknik swab. Melalui pemeriksaan tersebut dapat diketehui apakah penyakit pasien disebabkan oleh virus atau sebab yang lain.

Cara terbaik untuk menghindari penyakit infeksi coronavirus adalah melakukan Tindakan pencegahan secara aktif menyarankan setiap orang melakukan Tindakan seperti rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik apabila tidak memungkin atau tidak tersedianya air bersihkan lah dengan handsanitaizer atau yang berbahan dengan alkohol. hindari dari kerumunan orang banyak orang lagi sakit seperti halnya menunjukan tanda-tanda virus corona.

Sekarang telah ada vaksin anti corona yang harus kita pakai, vaksin adalah sebuah suntikan agar virus tersebut tidak menguasai kita. Tetapi dengan adanya vaksin tersebut jagan samapai kita melupakan protocol Kesehatan yang telah berlaku karna sewaktu waktu bisa virus itu menyerang kita. Dengan adanya vaksin bukan kita bisa bebas tapi untuk mencegah adanya virus tersebut, jadi tetap lah patuhi protocol Kesehatan yang telah berlaku selama ini.

Tetepalah dirumah(stay at home)bila sedang sakit maupun tidak, pakai masker jika berpegi keluar rumah, keluar rumah jika ada keperluan yang mendesak. Makan makanan yang ber protein menjaga nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang bergisi seimbang, minum air dengan cukup, dan istirahat yang cukup. Agar kondisi tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari virus corona tersebut. Mari sama-sama kita kurangi peningkatan virus corona di Indonesia ini dengan mengikatkan kepada keluarga, teman, kerabat, dan masyarakat sekitar agar tetep menjalankan protocol Kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah saat ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline