Lihat ke Halaman Asli

BBK 3 UNAIR Jogodalu

Mahasiswa Universitas Airlangga

Faktor Penyebab Kenaikan Harga CPU dan GPU di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 9 Juni 2022   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendahuluan

Di era teknologi digital ini, komputer sangat dibutuhkan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan orang-orang di penjuru dunia ini. Komputer itu sendiri adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama untuk menjalankan suatu urutan instruksi ataupun program yang diberikan ke komputer itu sendiri. 

Komputer digunakan di banyak bidang seperti, penggunaan komputer sebagai media pembelajaran, komputer sebagai alat untuk berkomunikasi, dan penggunaan komputer dalam bidang medis sebagai pembantu dokter dalam merawat pasiennya. Dengan kegunaanya itu, komputer sangat dicari-cari oleh orang untuk membantu dan mempermudah pekerjaan orang itu.

Komputer sendiri memiliki banyak jenis, ada desktop, laptop, netbook, tablet, smartphone, workstation, dan super computer. Meskipun berbeda, semua jenis komputer memiliki CPU atau Central Proccessing Unit. CPU bertugas untuk mengeksekusi setiap perintah yang diberikan melalu program komputer. 

CPU itu sendiri terdiri dari jutaan bahkan miliaran micro-transistor, dimana transistor itu sendiri yang memproses perhitungan yang diperlukan oleh CPU. Selain CPU, terdapat juga GPU atau Graphic Proccessing Unit. GPU ini berfungsi untuk mengolah perintah yang ada menjadi bentuk visual yang akan ditunjukkan melalui monitor.

CPU dan GPU merupakan komponen yang cukup penting dalam komputer. Pada dasarnya, CPU inilah otak bagi komputer untuk dapat mengeksekusi perintah atau program komputer yang diberikan dan GPU berfungsi memroses data atau perintah komputer menjadi bentuk visual. Tanpa CPU dan GPU, suatu komputer tidak akan bisa berjalan.

 Di masa pandemi Covid-19, terdapat suatu fenomena yang cukup meresahkan bagi penggiat komputer, yaitu naiknya harga komponen komputer CPU dan GPU. Kenaikan harga ini terbilang cukup drastis, dalam waktu 3 bulan kenaikan harga CPU dan GPU mencapai hampir dua kali lipat harga awalnya. Terjadinya fenomena ini membuat para penggiat komputer bertanya-tanya tentang penyebab fenomena kenaikan harga CPU dan GPU ini. Oleh sebab itu, artikel ini dibuat untuk meneliti tentang penyebab terjadinya fenomena ini.

Hasil

Dari hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut:

Berdasarkan dari data yang telah ditampilkan diatas, terjadi kenaikan jumlah penjualan dari CPU AMD. Kenaikan penjualan tersebut meningkat berturut-turut dan cukup tinggi ketika memasuki kuartal ke-2 tahun 2020. Kuartal ke-2 tahun 2020 sendiri dimulai pada bulan April tahun 2020. 

Peningkatan penjualan paling tinggi terjadi dari kuartal ke-2 ke kuartal ke-3 pada tahun 2020, dimana peningkatan penjualan mencapai $0,87 miliar dalam waktu tiga bulan. Peningkatan penjualan yang tergolong tinggi dan berturut-turut ini menandakan bahwa CPU dari AMD ini cukup diminati oleh para konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline