Lihat ke Halaman Asli

Riyan DongWha

Video Graper

Sejarah Suku Dayak Yang Ada Di kalimantan

Diperbarui: 10 April 2023   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Suku Dayak adalah kelompok etnis pribumi yang tinggal di Kalimantan, Indonesia. Sejarah suku Dayak telah melibatkan migrasi dari berbagai daerah di Asia Tenggara, seperti Filipina, Malaysia, dan Indocina, serta pengaruh dari pengaruh kebudayaan dari Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan Kerajaan-kerajaan di wilayah Kalimantan.

Sejarah suku Dayak dapat dilacak kembali hingga abad ke-7 Masehi ketika para pengembara dan pelaut dari Asia Tenggara awal mulai melakukan perjalanan ke selatan dari daratan Asia menuju kepulauan Nusantara. Mereka membawa kultur mereka, yang meliputi berbagai bentuk seni, peralatan, dan tradisi pertanian.

Kemudian, pada abad ke-10, Kerajaan Sriwijaya di Sumatera mulai memperluas pengaruhnya ke seluruh wilayah Kalimantan, termasuk wilayah suku Dayak. Pada masa ini, suku Dayak mulai terpengaruh oleh agama Buddha dan Hindu, serta berbagai tradisi kebudayaan lainnya dari Sriwijaya.

Pada abad ke-14, Kerajaan Majapahit mulai memperluas pengaruhnya ke seluruh Indonesia, termasuk Kalimantan. Pada masa ini, suku Dayak mulai terpengaruh oleh agama Hindu-Buddha, serta seni dan arsitektur Majapahit.

Pada masa penjajahan Belanda di Indonesia, suku Dayak banyak terpengaruh oleh budaya Eropa, terutama dalam hal agama, bahasa, dan sistem pendidikan. Namun, suku Dayak tetap mempertahankan budaya dan tradisi mereka, seperti seni tari dan musik tradisional, serta praktik-praktik spiritual dan pengobatan tradisional.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, suku Dayak menjadi bagian dari negara Indonesia. Saat ini, suku Dayak masih mempertahankan budaya dan tradisi mereka, meskipun juga terpengaruh oleh modernisasi dan globalisasi. Beberapa suku Dayak juga terlibat dalam konflik dengan pemerintah atau kelompok-kelompok lain di Kalimantan, terutama dalam hal perjuangan atas hak tanah adat mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline