Lihat ke Halaman Asli

Riyani

Stay focus and complete the journey

4 Film tentang Ibu dan Anak yang Kaya akan Pesan Moral

Diperbarui: 27 Juni 2021   07:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

imdb.com

Berbicara tentang ibu, selalu ada topik yang menarik. Ibu menjadi seorang yang selalu ada buat kita, rela berkorban dan selalu sabar dalam merawat anaknya. Film tentang ibu menjadi daya tarik sendiri. Melihat secara luas kehidupan ibu dalam membesarkan anaknya dalam film, dapat menjadi sebuah pelajaran agar dapat mengambil nilai nilai moral yang bisa diterapkan. Berikut film yang berkisah tentang ibu dan anak yang memiliki pesan baik yang tertuang di dalamnya.

  • Wedding Dress

Wedding Dress pertama kali dirilis pada 14 Januari 2010. Film ini bercerita mengenai seorang ibu tunggal bernama Seo Go-Eun (Song Yoon-Ah) yang bekerja sebagai designer gaun pengantin. Ia mempunyai seorang anak perempuan bernama Jang So-Ra (Kim Hyang-Gi). Mereka tamapak hidup dengan bahagia, namun ternyata Seo Go-Eun divonis dokter menderita kanker lambung, dan ia berusaha menyembunyikan penyakitnya tersebut dari anaknya, So-Ra. Padahal diam-diam So-Ra sudah mengetahui penyakit yang diderita ibunya tersebut. Sang ibu memutuskan untuk menghabiskan waktu yang tidak akan lama lagi untuk lebih dekat dengan putri satu-satunya itu. Dan So-Ra sebagai anak mencoba untu mengabulkan harapan ibunya.

Film ini banyak memberikan kita pelajaran hidup diantaranya, bahagiakan orang tua  sebaik yang kita bisa selagi mereka masih hidup. Sselain itu dalam sebuah hubungan antara ibu dan anak dibutuhkan sebuah pengertian dan rasa saling membutuhkan satu sama lain. Berani mengakui kesalahn dan meminta maaf juga merupakan salah satu pesan berharga dari film ini, dapat dilihat dari bagaimana seorang anak yang masih kecil, mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat.

  • Me vs Mami

Film ini mengisahkan tentang seorang ibu bernama Maudy (Cut Mini) yang berprofesi sebagai celebriti chef di sebuah stasiun televisi. Ia merupakan seorang sigle parent, dan dengan kesibukannya tersebut, ia tidak memiliki banyak waktu untuk putri semata wayangnya bernama Mira (Irish Bella). Hal ini lah yang menimbulkan ketidakharmonisan anatara ibu dan anak ini. hingga suatu hari buyutnya (nenek dari almarhum papanya) menelfon dan memberi kabar bahwa dirinya sedang sakit dan minta dijenguk, di Payakumbuh, Sumatra Barat. Bersama sang mami, Mira berangkat ke rumah buyutnya tersebut.

Perjalanan ke payakumbuh yang seharusnya selesai dalam 2 hari 1 malam, ternyata memakan waktu lebih lama dan bahkan berubah menjadi petualangan tak terduga bagi keduanya. Konflik yang terjadi antara keduanya selama perjalanan, membuat mereka harus bisa selesaikan agar mereka segera sampai ke tempat tujuan. Di tengah perjalan, mereka bertemu dengan backpacker misterius bernama rio. Kemunculan rio ini mmbuat Maudy semakin protektif terhadap Mira.

Film ini mengajarkan kepada penonton akan perjuangan seorang ibu yang berusaha keras memberi kasih sayang yang optimal kepada anaknya, walaupun dengan cara yang berbeda neda. Sikap Maudy yang memberi kasih sayang kepada Mira dengan menunjukkan sifat over protektiv terhadap Mira. Kasih sayang, ketulusan, perjuangan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir.

  • Athirah

Athirah berkisah tentang perjalann hidup ibunda dari Jusuf Kalla yang diangkat dari novel karya Alberthiene Endah dengan judul yang sama. Kisah hidup athirah dimulai dari munculnya wanita lain yang kemudian mengusik rumah tangga Athirah dan suaminya, Puang Ajji. Meski awalnya menolak dan juga sering mendapat cemoohan dari tetangga, membuat athirah harus meninggalkan suaminya dan memulai hidup baru dengan anak-anaknya.

Dengan dukungan ibunya, athirah bangkit dari keterpurukan dan kesedihannya, ia berusaha mandiri. Demi memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga kelima anaknya, athirah berjualan sarung. Idenya tersebut ia dapat dari ibunya, Mak Kerah yang sempat menghadiahi sarung pemberian mertuanya pada athirah. Mak kerah juga menceritakan kisah hidupnya bahwa ia merupakan istri keempat dari ayah Athirah. Mendengar hal tersebut, Athirah mencoba ikhlas dengan apa yang sudah terjadi. Kesuksesannya menjual sarung ternyata bisa membantu suaminya yang hampir bangkrut karena krisis ekonomi.

Tak hanya tentang ketegaran seorang wanita yang bisa kita ambil dari film ini, namun juga tanggung jawab dan pantang menyerah dari seorang Athirah juga bisa menjadi pelajaran bagi setiap orang. Athirah  yang selalu bersabar dalam setiap masalah yang dihadapi, membuat ia memiliki cinta dan keikhlasan yang dapat menolong dan mempertahankan keutuhan rumah tangganya.

  • Susah sinyal

Film ini bercerita tentang hubungan single mother dan anaknya yang renggang akibat kesibukan masing- masing. Sang ibuyang bernama Ellen Tirtoatmodjo (Adinia Wirasti) yang bekerja sebagai pengacara tidak mempunyai waktu banyak untuk anaknya, Kiara Tirtoatmodjo (Aurora Ribero).Hal ini membuat sang anak lebih dekat dengan neneknya, karena sejak kecil Kiara diasuh oleh neneknya hingga remaja. Kiara lebih banyak menceritakan persoalan dan rencananya kepada neneknya ketimbang kepada ibunya.

Namun ketika neneknya meninggal, sang ank tidak lagi memiliki tempat bersandar. Arahan dari psikolog, Ellen disarankan untuk mengajak Kiara berlibur, menghabiskan quality time untuk dapat mengobati masa-masa di saat Ellen terlalu sibuk bekerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline