Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PLP Integratif Kelompok 24 UIN SMH Banten Ikut Serta dalam Kegiatan (MPPT) SMKN 3 Kota Serang Tahun 2024

Diperbarui: 13 Agustus 2024   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lapangan SMKN 3 Kota Serang/dokpri

Walantaka, Serang. (9-10 Agustus 2024), SMK Negeri 3 Kota Serang -- Salah satu kegiatan calon penegak yaitu penerimaan tamu ambalan. Penerimaan tamu ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak agar secara resmi bergabung menjadi anggota ambalan pramuka penegak dan memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju pramuka penegak serta mengenalkan kegiatan pramuka di SMKN 3 Kota Serang.

Bertempat di lapangan upacara SMKN 3 Kota Serang, Jum'at sampai dengan Sabtu, 9-10 Agustus 2024 hari diselenggarakannya acara dan telah dilaksanakan upacara pembukaan Masa Penerimaan Penegak Tamu (MPPT) ambalan Ki Sarkaya dan Nyi Siti Halimah dengan pembina upacara Kak Mabigus Ade Susianti, M.Pd. diikuti oleh para dewan guru, pembina pramuka, anggota pramuka, dan 470 peserta calon penegak serta 8 orang mahasiswa/i PLP Integratif dari UIN SMH Banten. Sebagai syarat untuk manjadi bagian dari Pramuka SMKN 3 Kota Serang, maka diadakan upacara penerimaan tamu ambalan. Diadakannya upacara ini, maka secara resmi seluruh siswa kelas X SMKN 3Kota Serang sudah menjadi bagian dari ambalan Ki Sarkaya dan Nyi Siti Halimah.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakan dan pengarahan peserta didik dalam kegiatan pramuka penegak dalam rangka untuk mencapai tujuannya.

Amanat Kak Mabigus SMKN 3 Kota Serang/dokpri

Dalam amanat Kak Mabigus Ibu Ade Susianti, M.Pd. menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada para anggota, pelatih dan pembina yang telah meluangkan waktu untuk hadir di pembukaan kegiatan Masa Penerimaan Penegak Tamu (MPPT). Kegiatan perkemahan ini pada hakekatnya adalah sebagai upaya untuk membentuk dan membina para generasi muda sebagai penerus bangsa dan pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras dalam mencapai kemajuan serta keberhasilan meraih cita-cita bangsa.

Kami berharap kepada para pembina pramuka dan seluruh peserta pramuka untuk bersungguh-sungguh, ikhlas dan melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot dan generasi bangsa serta menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT dan memiliki kepribadian yang tangguh, terampil, berpengetahuan luas, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi. 

Amalkan Satya dan Dharma Pramuka karena pada intinya gerakan pramuka adalah melambangkan suatu simbol dari semangat juang dan tekad yang tinggi, dan diharapkan melalui pengamalan Satya dan Dharma pramuka, gerakan pramuka akan menjadi wadah yang ideal serta efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral maupun spiritual bagi generasi muda penerus bangsa. Kak Mabigus menyampaikan pesan serta semangat dengan perkataan "Satyaku ku Dharmakan Dharmaku kubaktikan" ujar beliau.

Jelajah Alam Kegiatan (MPPT)/dokpri

Masa Penerimaan Penegak Tamu (MPPT) hari pertama dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yaitu diantaranya seminar-seminar seperti seminar kedisiplinan, seminar kepramukaan dan kepenegakkan. Selain itu, kegiatan lainnya ada gelar senja, api unggun dan pentas seni. Pada hari kedua, kegiatan MPPT berisi kegiatan renungan malam, solat subuh berjama'ah, senam pagi, jelajah alam dan operasi semut serta apel penutupan. Pada kegiatan jelajah alam, mahasiswa PLP Integratif UIN SMH Banten ikut serta sebagai penjaga dan penguji disetiap pos yang tersedia. 

Tepatnya di pos kedua, mahasiswa yang putri menguji peserta dengan memberikan instruksi menghafalkan dasa dharma pramuka. Sedangkan mahasiswa yang putra berada di pos terakhir yaitu bagian halang lintang, dimana pos ini merupakan pos yang membuat peserta dalam keadaan kotor dan bau karena peserta diminta melewati lorong tali yang berlumpur. Pada pos terakhir ini mereka dilatih untuk kompak dalam kelompoknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline