Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Negara? Negara Adalah...

Diperbarui: 15 September 2021   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Definisi Negara

Negara ialah suatu organisasi yang terdapat dalam suatu wilayah tertentu yang di dalamnya terdapat Masyarakat, pemerintahan daerah, dan juga pemerintahan pusat yang sebagai pemerintaan tertinggi yang sah. Pemerintahan tersebut memiliki kekuasaan dan wewenang untuk  mengatur rakyat di dalamnya, yang bertujuan untuk mewujudkan kepentingan bersama.

Fungsi Negara

Negara memiliki fungsi untuk mengatur kehidupan rakyat yang ada di dalam seluruh wilayah negara untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, negara memiliki fungsi untuk menjaga ketertibanmasyarakat, mengusahakan kesejahteraan masyarakat, membentuk pertahan - ketahanan, dan menegakkan keadilan.

Unsur - unsur Negara

1. Rakyat, ialah semua orang yang tinggal atau mendiami wilayah di suatu negara. Rakyat adalah unsur yang terpenting dalam negara karena rakyat lah yang mendirikan dan membentuk suatu negara. Rakyat terdiri atas penduduk dan bukan penduduk.

Penduduk, adalah semua orang yang tinggal dan menetap dalam waktu yang lama di suatu negara. Mereka lahir secara turun - temurun dan tumbuh besar di dalam suatu negara. Sedangkan, bukan penduduk adalah orang yang tinggal sementara di suatu wilayah di negara tersebut. Misalnya, turis mancanegara yang berkunjung atau berwisata ke Indonesia.

Penduduk dapat dibedakan menjadi dua yaitu warga negara dan warga negara asing.  Warga negara ialah semua orang yang menurut undang - undang diakui sebagai warga negara. Sedangkan, warga negara asing  adalah orang yang mendapat izin tinggal sementara di suatu negara, bukan sebagai duta besar dari negara lain, konsul, maupun konsuler.

2. Wilayah, merupakan tempat tinggal rakyat yang mendiamivdi suatu negara dan sebagai tempat penyelenggaraan pemerintahan yang sah menurut undang - undang. Wilayah suatu negara terdiri dari wilayah daratan, lautan, dan udara. wilayah suatu negara juga berbatasan dengan negara lain, seperti Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste, dan juga berbatasan laut dengan Australia dan Singapura.

Batas - batas wilayah suatu negara dapat berupa bentang alam contohnya sungai, danau, pengunungan, lembah, dan laut. Atau dapat juga menggunakan pagar tembok, pagar kawat, dan patok. Dan dapat juga menggunakan batas menurut ilmu garis lintang dan garis bujur.

3. Pemerintahan yang sah, pemerintahan yang sah dan berdaulat ialah pemerintahan yang dibentuk oleh rakyat dan memiliki kekuasaan tertinggi. Pemerintahan yang sah dan berdaulat juga harus di hormati dan ditaati oleh seluruh masyarakat serta pemerintahan negara lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline