Lihat ke Halaman Asli

Jokowi Urung Mengundurkan Diri, Kenapa?

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebagai presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) yang semula menjadi gubernur DKI Jakarta semestinya sudah jauh hari menyerahkan surat pengunduran dirinya dari jabatan gubernur. Namun hingga saat waktu pelantikannya menjadi presiden bulan depan (Oktober) ini, Jokowi masih belum secara resmi melayangkan surat pengunduran diri. Tentu saja hal ini mestinya menyisakan pertanyaan besar bagi siapa saja entah pendukung Jokowi maupun yang bukan.

Kenapa belum juga mengundurkan diri?

Baiklah, tentu terlebih dahulu kita kedepankan aspek berbaik sangka pada calon presiden republik ini selanjutnya. Mungkin kesibukan yang menyita terlalu banyak sehingga meluangkan waktu membuat surat pengunduran diri pun masih belum sempat. Atau mungkin saja Jokowi telah menyiapkannya hanya menunggu momentum tepat untuk melayangkannya secara resmi. Tapi kenapa?

Bukankah di belakang dan samping Jokowi sangat banyak orang yang dapat ia amanatkan melayangkan bahkan membuat surat tersebut? Bukankah terlarut menunda berakibat buruk bagi citranya dan lebih lagi bagi keberlangsungan kepemimpinan di DKI Jakarta?

Tentu saja Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki, telah secara langsung menjadi pejabat pelaksana tugas sebagai gubernur. Tapi bukan berarti persoalan surat pengunduran diri tetap bisa diundur-undurkan. Logika praktis tentu saja menyangsikan masih belum juga keluar secara resmi surat pengunduran diri Jokowi tersebut. Nampaknya segala alasan belum dilayangkannya surat itu masih jauh untuk bisa dimengerti.

Semoga Jokowi segera menjadikan pengunduran diri dari jabatan gubernur DKI Jakarta ini sebagai prioritas langkahnya.jangan sampai persoalan yang memang nampak sepele ini diabaikan begitu saja. Malah akan berdampak buruk yakni terhambatnya kinerja para elit di lingkungan DKI Jakarta dan itu bukan kemauan kita semua.

Jokowi mesti dan pastinya sadar bahwa setiap hal yang diperbuatnya akan disorot oleh publik. Maka semestinya ia semakin bijak dalam melangkah dan membuat keputusan. Jangan sampai persoalan sesederhana seperti surat pengunduran diri menjadi ganjalan karena sejatinya itu adalah hal kecil. Bersegera memberikan surat pengunduran diri secara resmi akan baik buatnya dan terutama buat para elit DKI Jakarta untuk mempercepat gerak ke depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline