Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Melakukan Sosialisasi Anti Bulyying Bagi Pelajar di MI Miftahul Ulum Cilibur

Diperbarui: 5 Agustus 2024   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Draft KKN Kelompok 183

Draft KKN Kelompok 183

Cilibur -- Sebagai Upaya pemberantasan perilaku bullying yang semakin marak di kalangan pelajar, mahasiswa KKN  Reguler kelompok 183 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto menggelar kegiatan sosialisasi anti Bullying Bagi Pelajar part 2 di MI Miftahul Ulum Cilibur pada Sabtu (3/8). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa KKN kelompok 183, seluruh siswa MI Miftahul Ulum Cilibur beserta dewan guru.

Kegiatan ini diadakan melalui program kerja unggulan KKN kelompok 183. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman MI Miftahul Ulum Cilibur. Dalam kegiatan ini yang menjadi narasumber yakni mahasiswa KKN kelompok 183 yang terdiri dari  Amalia Putri, Rida Nur Asyifa, dan Arya Priyogo.

Sebelum kegiatan sosialisasi dimulai, para siswa diarahkan untuk melakukan senam secara bersama sama yang dipimpin oleh mahasiswa KKN. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan minat siswa untuk mengikuti kegiatan sosialisasi.  Kemudian dilanjutkan oleh narasumber pertama Amalia Putri membuka acara sosialisasi dan menjelaskan tujuan dilakukannya sosialisasi, serta menjelaskan definisi bullying. Dalam penjelasannya, Amel menyampaikan bahwa termasuk bullying semua bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang atau kelompok yang lebih berkuasa terhadap orang lain. Dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Narasumber kedua Rida Nur Asyifa dalam materinya mengenai penyebab perilaku bullying dengan memberikan contoh dan jenis-jenis bullying. Dalam penjelasannya Rida mengatakan bahwa perilaku bullying terjadi ketika ada orang yang menyakiti atau mengganggu orang lain secara tidak adil. Dan biasanya para pelaku bullying didasari oleh rasa lebih hebat dan lebih kuat dari orang lain. Rida juga menegaskan kepada para siswa bahwa dalam bertindak kita harus berfikir terlebih dahulu bagaimana jika kita berada di posisi mereka.

Setelah narasumber kedua selesai memaparkan materi, dilanjutkan oleh silvia Amanda Putri Memimpin ice breaking untuk menjaga semangat dan konsentrasi siswa dalam mengikuti kegiatan sosialisasi.

Narasumber ketiga Arya Priyogo dalam materinya mengenai cara mengatasi bullying. Dalam penjelasannya, Arya mengatakan bahwa Bullying dapat diatasi dengan cara mengomunikasikannya dengan orang terpercaya. Seperti orang tua, guru, atau siapapun yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.

Pada kegiatan sosialisasi ini mahasiswa KKN juga menyediakan dorprise yang dibagikan saat pertengahan materi bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Dengan adanya doorprize juga menambah semangat serta antusias siswa dalam mengikuti kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan menyanyi bersama lagu anti bullying.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline