Lihat ke Halaman Asli

MUBARAK (Muharram Bareng Mahasiswa KKN)

Diperbarui: 30 Juli 2024   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram KKN54_desacilibur

instagram KKN54_desacilibur

Cilibur, Minggu, 28 Juli 2024

Kelompok KKN Reguler Angkatan 54 Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto mengadakan acara Mubarak (Muharram bareng mahasiswa KKN) acara itu dilaksanakan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1446 H. pada hari Minggu (28/07/2024).

Kegiatan ini diadakan melalui Program Unggulan yang dibuat oleh mahasiswa KKN Reguler dari kelompok 183. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat pasca terjadinya Covid  masyarakat di Desa Cilibur belum pernah mengadakan Perayaan Hari Besar Islam, padahal sebelum terjadinya Covid masyarakat selalu rutin mengadakan acara tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN diharapkan mampu menumbuhkan kembali semangat masyarakat dalam memperingati Perayaan Hari Besar Islam.

Dalam rangkaian acara,yang diselenggarakan oleh kelompok 183 dalam memperingati Tahun Baru Islam, yaitu mengadakan perlombaan Islami untuk tingkat SD/MI Sederajat, kemudian dilanjutkan oleh acara inti yaitu Pengajian umum dan shalawat. Acara lomba-lomba dilaksanakan pada Minggu pagi hari tepatnya pada pukul 07.00 WIB, kegiatan ini bertempat di MI Miftahul Ulum NU Cilibur. Pada kegiatan perlombaan ada tiga cabang mata lomba yang dilombakan yaitu Tahfidz Juz 'Amma, mewarnai kaligrafi, dan cerdas cermat Islami.

  kegiatan dimulai dengan apel pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta lomba dan panitia, kemudian dilanjutkan oleh sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Arya Priyogo selaku Ketua Panitia acara tersebut, pada sambutannya Ketua Panitia mengucakan "acara ini diadakan supaya bisa membangun semangat bagi siswa serta menumbuhkan ukhuwah antara Mahasiswa dan masyarakat.". Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh Muhammad Hafidz S.P,d selaku perwakilan dewan guru di MI Miftahul Ulum NU Cilibur. "adanya perlombaan semacam ini mampu memantik semangat dan motivasi siswa dalam belajar," tandasnya. Kemudian setelah sambutan-sambutan barulah perlombaan dimulai.

Kemudian pada rangkaian acara selanjutnya yakni Pengajian umum dan Shalawat dilaksanakan pada malam harinya tepatnya pada pukul 20.00 WIB. Pada pengajian tersebut turut mengundang Kepala Desa Cilibur Nur Rohman S.H beserta para jajarannya, kemudian juga dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat. Pembicara pada acara tersebut adalah Kyai Alimudin dari Karanglewas Purwokerto yang diiringi oleh grup Hadroh Annujum Amanina, acara ini juga disiarkan langsung lewat kanal youtube Annujum Amanina official.

Acara pengajian dan shalawatan mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat sehingga antusias masyarakat dalam menghadiri acara tersebut terbilang ramai. Kegiatan yang dimulai dengan acara pembagian hadiah kepada para pemenang lomba, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Desa. Pada kesempatan kali ini Kepala Desa menyampaikan "terima kasih kepada para Mahasiswa yang telah menghidupkan kembali acara-acara Perayaan Hari Besar Islam di Desa Cilibur, semoga dengan adanya acara ini mampu menjalin tali silaturahmi antara Mahasiswa dan masyarakat" tuturnya.

Pada kesempatan kali ini Kyai Alimudin selaku pembicara pada pengajian Mubarak menyampaikan "Momen Muharram atau Tahun Baru Islam adalah momen dimana umat muslim untuk bermuhasabah atau intropeksi diri dari tahun sebelumnya yang sudah dilewati, kemudian menatap tahun berikutnya dengan menambahkan keimanan dan ketakwaan" tuturnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline