Lihat ke Halaman Asli

Novy29 ( Novy E.R. )

Writing ; Blogger, Employee, Travelling, Reservasi Villa Family and Grup (Tanpa Kamaran). Penyuka warna merah dan pink. Memiliki definisi dalam literasi, ‘menulis itu adalah liburan dan jalan-jalan yang menyenangkan serta untuk mencegah kepikunan dini.’

Virus Negatif Vs Virus Positif

Diperbarui: 3 Maret 2020   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

 

Ramai membicarakan  virus corona yang datangnya dari negeri seberang, China. Hingga negara Timur Tengah, Arab Saudi menutup sementara untuk kedatangan  wisata dan jama’ah umroh. 

Waduh sampai kapan hal ini terjadi ya? Kasihan mereka yang sudah berbunga-bunga bisa memenuhi panggilan Allah ke Tanah Suci untuk melakukan rukun umroh (Sa'i, thawaf dan tahalul) di Masjidil Haram, Mekkah. 

Serta bagi yang pertama kali akan menginjakkan kakinya di Tanah Suci so pasti merasa kecewa belum bisa merasakan jejak perjuangan para nabi dan rasul.

Terjangkitnya virus corona adalah virus negatif. Sama seperti saat tahun 2014 yang ramai diberitakan adanya virus Mers yang di bawa dari binatang khas Timur Tengah, Onta. Menurut saya virus Mers tidak terbukti karena bertepatan saat saya akan melaksanakan ibadah umroh. Di sana saya tanpa memakai masker atau cadar. 

Nggak terpikirkan dengan virus umroh. Saya sudah pasang niat paling dalam di lubuk sanubari (ciyee...) bahwasannya saya sudah suntik vaksinasi magnigitis plus. Bilamana teman-teman satu rombongan menutup sebagian wajahnya dengan masker tidak dengan saya. 

Fokus melihat suasana negeri Arab saja dan beribadah di sana. Sesekali ngobrol dengan orang-orang Timur Tengah. He he ... Semangat menjelajahi kota suci yang ceritanya ada di kitab suci Al Qur'an dan semangat berjumpa orang-orang cakep berwajah Timteng alias Timur Tengah.

Mengapa keduanya saya katakan virus negatif? Karena membawa berita tak sedap. Mendatangkan penyakit yang berbahaya. Dengan adanya virus corona dan yang pernah viral, virus Mers, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan. Selain menjaga  daya tahan tubuh terhadap serangan wabah penyakit.

Nah kalau virus positif apa sih? Ada-ada saja istilahnya. Eits, saya yang  memberikan istilah itu.  Bukan ingin viral namun saya ingin mengajak dengan menyebarkan virus positif kepada kalian, netizen dong. 

Tentu kalian pembaca online kompasiana ingin tahu apa itu virus positif yang layak utnuk ditularkan karena akan membawa hati yang tenang setelah melakukannya. Terlebih lagi virus positif itu mendatangkan manfaat dan inspirasi bagi banyak umat. Ada juag yang mendatangkan rejeki berupa kekayaan harta dan materi.  Hmmm, virus apa ya itu kok jadi penasaran.

Satu ... 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline