Lihat ke Halaman Asli

Novy29 ( Novy E.R. )

Writing ; Blogger, Employee, Travelling, Reservasi Villa Family and Grup (Tanpa Kamaran). Penyuka warna merah dan pink. Memiliki definisi dalam literasi, ‘menulis itu adalah liburan dan jalan-jalan yang menyenangkan serta untuk mencegah kepikunan dini.’

UAN Itu Perlu

Diperbarui: 31 Desember 2019   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ekomid.blogspot.com

UJIAN ITU PERLU

Ujian itu diperlukan.seperti halnya dalam kehidupan. Ujian adalah untuk menentukan kualitas diri kita meningkat ke jenjang yang lebih tinggi. Nah, kalau di sekolah, ujian akhir bagi anak-anak SD untuk berlomba-lomba dalam kebaikan berupa hasil kualitas dan kuantitas belajar guna masuk ke jenjang lebih tinggi, SMP. Begitu pula dengan ujian akhir di tingkat SMP untuk memasuki ke jenjang SMA.  

Jadi, Ujian Akhir Nasional tidak perlu dihapus! Penting untuk anak didik, juga penting menguji sampai di mana pula sistem pengajaran para guru. Dari ujian akhir pula kita juga bisa mengetahui sampai sejauh mana mutu pendidikan di setiap sekolah yang ada di sekolah berbagai jenjang pendidikan. Dan di berbagai daerah-daerah yang ada di negeri Indonesia yang luas ini. Mengapa di Indonesia sekarang ini jadi perdebatan antara perlu tidaknya ada Ujian Akhir Nasional bagi para pelajar?

Di Indonesia sendiri Ujian Akhir Nasional (UAN) merupakan standarisasi bagi para pelajar. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, UAN tetaplah ada. Tetap diadakan. Agar anak didik punya tanggung jawabnya sebagai pelajar. Dan sebagai evaluasi hasil belajar selama sekolah pada jenjang atau tingkatan sekolahnya.

Indonesia juga belum  bisa lepas dari yang namanya  Ujian Akhir Nasional, karena kalau tidak ada UAN ya tidak tertantang untuk belajar baik guru maupun para siswa siswi.  Tujuan sekolah anak-anak masih terpaku pada nilai ujian akhir.

Jikalau ada yang menginginkan ujian akhir nasional dihapus saja, kekhawatiran yang terjadi dalam pola pikir manusia sekarang ini kemungkinan karena banyaknya siswa siswi yang sekadar lulus sekolah dengan membawa bekal ijazah atau kebanggaan semata memasuki ke jenjang yang tinggi. Hanya formalitas untuk bersekolah. Belum memahami arti pentingnya sebuah pendidikan dan bersekolah. Termasuk ujian di dalamnya.

Belum lagi banyaknya penyimpangan nilai-nilai moral dan mental bagi pelajar. Karena seringnya tertekan saat ujian akhir, belajar keras saat ada ujian saja. Dan mendapatkan nilai yang bagus. Yang pada akhirnya adanya sikap menghalalkan segala cara, sikap berusaha untuk  mendapatkan kunci jawaban.

Di sisi lain masih banyak yang menginginkan ujian akhir nasional ini tetap ada, namun kelulusan diserahkan kepada masing-masing sekolah menurut saya kurang menyakinkan akan berhasil tidaknya mutu  pendidikan di Indonesia.

Bagaimanapun juga tiap sekolah so pasti menginginkan semua anak didiknya lulus apapun nilai ujiannya. Apalah arti sebuah  nilai bagi orang tua dan guru melihat kualitas anak-anak sekolah belum bisa dipertanggungjawabkan dalam kehxidupan bermasyarakat.

Nggak heran apabila ujian akhir sekolah menjadi perdebatan apakah  sebuah ujian akhir nasional masih diperlukan atau dihapus saja?  Nah, di sinilah peran serta pemerintah wajib  mengkaji ulang.

Masih diperlukannya ujian akhir nasional untuk mengukur kualitas kepengajaran sekolah. Jadi tahu peringkat tertinggi dari sekolah mana. Namun, tidak menentukan kelulusan  siswa saja, namun juga untuk menentukan tingkat kualitas sekolah.  Dengan begitu, sekolah akan berlomba-lomba menjadi kualitas dan kuantitas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline