Lihat ke Halaman Asli

Gimana Sih Menaikan Kendaraan ke Setiap Lantainya!!!

Diperbarui: 15 November 2023   18:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Kita tau untuk naik ke suatu lantai biasanya menggunakan tangga, ekskalator maupun lift,  hal itu yang biasa digunakan untuk manusia sedangkan untuk kendaraan memerlukan lift atau Ramp. Penggunaan lift untuk kendaraan sangat banyak menghabiskan waktu dan biaya. Oleh karena itu, digunakan ramp untuk menaiki kendaraan ke tiap lantainya. 

MARI KITA BAHAS  RAMP 

Ramp merupakan bidang miring yang berbentuk seperti lantai yang berguna untuk menghubungkan lantai yang memiliki perbedaan elevasi. Ramp memiliki beberapa bentuk seperti lurus atau pun melinkar. Kegunaan ramp sama seperti tangga namun memiliki perbedaan bentuk, tangga memiliki bentuk berundak-undak sedangkan ramp meliki bentuk yang rata. Namun dalam perancangan ramp yang melingkar atau pun lurus sendiri harus dengan perhitungan yang tepat.  Hal tersebut dikarenakan penggunaannya untuk dilewati oleh kendaraan.

Dalam perancangan ramp itu sendiri yang harus dipikirkan, antara lain :

  • Fungsi Utama
  • Jenis kendaaran yang melewati
  • Sudut kemiringan
  • Kecepatan kendaraan saat melewati
  • Beban kendaraan, dll

Dokumen Pribadi

Bagian-Bagian Pada Ramp

  • Slab atau plat
  • Balok
  • Shearwall
  • Parapet
  • Wheel Stopper
  • Floor Drain
  • Drainase

Ramp Sendiri dibagi atau dikelompokan berdasarkan tingkat kemiringannya, antara lain :

  • Ramp rendah

Ramp rendah memiliki kemiringan 0 - 5% yang mana tidak diperlukan permukaan anti-slip. Biasa digunakan sebagai jalur trolli, jogging track, ataupun jalur bagi pengguna kursi roda.

  • Ramp sedang 

Ramp sedang memiliki kemiringan 0 - 7% yang mana diperlukan permukaan anti-slip. Biasa digunakan pada bagian parkir baik itu hotel, apartmen, mall ataupun gedung lainnya.

  • Ramp curam (Steep)

Ramp sedang memiliki kemiringan 0 - 90% yang mana diperlukan permukaan anti-slip yang dibuat secara kasar. Biasa digunakan untuk emergenci atau keadaan darurat ataupun parkir.

pada bagian tengah sering kali dimanfaatkan oleh perencana sebagai ruang-ruangan maupun sebagai tempat dari penyimpanan air. dan untuk perancangan dari ukuran ramp itu sendiri harus disesuaikan dengan tempat dan jenis kendaraan itu sendiri.  Pada  saat pembuatan ramp sangatlah susah dikarenakan konstruksinya yang miring. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline